Pemkab Lutim bersama LPPM Unhas gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah

32
Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan DPRD bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah

BERANDANEWS – Makassar, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan DPRD bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah Dalam Rangka Peningkatan Kapasitasi Tim Anggaran, yang berlangsung di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, Rabu (30/11).

Tujuan diadakannya bimtek ini untuk memperlancar proses-proses penyusunan anggaran sehingga tidak banyak lagi masalah yang ditemukan kedepannya. Bimtek ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 30 November s/d 3 Desember 2022.

Bimbingan Teknis kali ini dilaksanakan untuk memadukan dua institusi untuk menyamakan persepsi mulai dari proses perencanaan dan penganggaran sampai kepada mekanisme dan penerapan tata tertib yang dijalankan oleh pihak legeslatif maupun eksekutif.

Ketua LPPM Unhas, Prof. Dr. Muh. Nasrum Massi menyampaikan bahwa, sudah beberapa kali kita melakukan bimtek seperti ini untuk pengabdian kepada masyarakat dan hasil riset tersebut dapat menjadi peningkatan besar untuk Unhas. Melalui kerja sama ini, dari hasil risetnya nanti banyak kolaborasi akan di bangun yang berhubungan dengan mitra.

“Harapan kami, dengan kerja sama antara LPPM dan Kabupaten Luwu Timur ini, bisa memberikan hasil yang terbaik, kualitas peningkatan SDM dan menghasilkan program-program bermutu yang dapat dibanggakan oleh Kabupaten Luwu Timur untuk dapat mencapai taraf nasional dan internasional,” kata Prof. Nasrum.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam arahannya menjelaskan, untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas kita masing-masing, mulai dari perencanaan, penganggaran sampai kepada mekanisme legislasi yang diajukan oleh pihak DPRD untuk kita satu persepsi sehingga berdampak kepada outcome yang efektif dan efisien.

“Mari kita jaga, dan apa yang sudah tercapai tahun ini persoalan anggaran tidak lepas dari pengambilan keputusan antara pemerintah daerah dengan DPRD ialah satu kesatuan,” bebernya.

“Dan terima kasih kepada DPRD atas kerja samanya dari perubahan, Pokok, sampai dengan penetapan mulai tahun 2021 sampai tahun 2022 semua berjalan sesuai dengan yang diinginkan, semuanya tidak lepas dari kolaborasi yang baik,” ungkap Bupati.

Bupati Budiman juga melaporkan bahwa, di dalam APBD 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur mendukung upaya Unhas dalam rangka dana abadi pendidikan dan Pemerintah daerah akan menyiapkan dana sebesar Rp. 1 Miliar nantinya.

Ditambahkan bahwa kebijakan pembangunan daerah dan menyampaikan program-program prioritas yang sudah berjalan pada APBD di Tahun 2022 ini.

Beberapa program prioritas yang sudah dilakukan diantaranya, Program Bantuan Keuangan 1 Miliar 1 Desa, Program Satu Kamar Satu Pasien, Bantuan Keuangan Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu, satu sekolah satu inovasi, Bantuan Rehab Rumah Ibadah, dan program prioritas lainnya.

“Nantinya masih banyak program-program yang akan kita buat di TA. 2023. Dalam dekat ini saya akan melanuncingkan Program yang berkaitan dengan Peduli Lingkungan, dimana program tersebut mengambil tagline “Peduliki, Saya Jagaki” dan nantinya di setiap tanggal 5 Pemkab Lutim akan melakukan gerakan menanam di setiap instansi masing- masing,” bebernya Budiman.

Kemudian Program gerakan membersihkan dari partisipasi publik, berikutnya Tanpa Asap Rokok, Tanpa Sampah, Gerakan Tanpa Makan Beras dan Anti Mager, itulah dalam waktu dekat ini Bupati akan melaksanakan program tersebut.

Terakhir, kepada para peserta Bimtek Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur, Bupati menyampaikan bahwa, agar mengoptimalkan koordinasi dan sinergitas antara perencanaan dan Penganggaran dengan mengetahui dan merujuk kepada tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Turut hadir, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Wakil Ketua DPRD, HM. Siddiq BM, Anggota DPRD, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur serta Tim Pengelola Anggaran Daerah (TPAD) Kabupaten Luwu Timur.(*)