Cara Mengirim Pesan di WhatsApp tanpa Mengetik

38
Cara Mengirim Pesan di WhatsApp tanpa Mengetik

Penggunaan komunikasi melalui aplikasi perpesanan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, termasuk penggunaan aplikasi Whatsapp.

Dengan WhatsApp, pengguna menggunakannya dengan mengetik pesan dalam platform tersebut. Namun ada cara untuk untuk mengirimkan pesan tanpa harus mengetik. Ini bukan dengan voice note tapi menggunakan smart assistant.

Jika Anda menggunakan HP Android maka bisa dengan Google Assistant. Bagi pengguna iPhone dapat menggunakan Siri. Anda hanya disyaratkan untuk bisa mengucapkan kata dengan jelas dan menggunakan bahasa baku untuk mengirimkan pesan tersebut.

Adapun cara menggunakan asisten virtual untuk bisa mengirim chat WhatsApp tanpa harus mengetik, seperti dilansir dari India Today.

1. Install Google Assistant di HP Android. Untuk mengaktifkannya tekan tombol Home lama di ponsel tersebut.

2. Setelah selesai menginstall, ketuk tombol Buka dan ucapkan ‘Hai Google’. Selain itu juga bisa memberikan perintah suara dengan mengatakan ‘Oke Google’.

3. Setelah Google Assistant merespon, Anda bisa memberikan perintah “kirim pesan WhatsApp ke (nama orang atau kontak yang ingin Anda kirimi pesan)”.

4. Ucapkan pesan yang ingin dikirim. Saat Anda mengatakan pesan tersebut, Google Assistant akan mengetik dan menampilkan pesan tersebut. Sebelum mengirimkannya, Anda dapat mengecek lebih dulu seluruh pesan.

5. Berikutnya, katakan ‘Oke kirim’ dan pesan akan terkirim. Anda bisa mengatakan ‘ubah’ jika ada koreksi.

Bagi pengguna iPhone, cara mengirimkan pesan WhatsApp dengan Siri juga menggunakan langkah yang sama.

Selain mengirimkan pesan, kedua asisten virtual ini juga bisa membacakan pesan untuk Anda. Namun terlebih dulu Anda memberikan izin tertentu pada smartphone. Sementara untuk menonaktifkan akses notifikasi di Google, bisa diubah pada bagian notifikasi di menu setelan. (*)