Cara menghilangkan Ketakutan Berlebih dengan Memotivasi Diri di masa Pandemi

127

Berbagai macam ketakutan dirasakan oleh hampir setiap orang di masa pandemi ini. Ketakutan yang tidak termanage inilah yang akan membuat seseorang semakin depresi. Padahal, kondisi semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi berlarut-larut. Ketakutan yang berlebihan bisa mempengaruhi keseluruhan tubuh. Fikiran tidak tenang, dan daya tahan tubuh akan menurun. Akibatnya, masalah kesehatan akan terjadi.

Di kala Anda susah untuk menciptakan tawa sendiri, Anda disarankan untuk lebih terbuka. Anda butuh orang lain yang mana bisa menstimulasi hal tersebut. Meskipun orang lain juga merasakan hal yang sama, Anda tetap bisa menjalin komunikasi dengannya. Setidaknya, Anda bisa berbagi hal-hal yang telah dialami. Bahkan bisa berbagi tentang tips mencegah kebosanan ataupun kecemasan di masa pandemi. Melihat bahwa orang lain bisa melewati situasi ini dengan santai, Anda tentunya akan tergugah untuk melakukannya sebagai bentuk memotivasi diri. Yakni Anda bisa melakukan berbagai hal yang mana bisa membuat suasananya jauh lebih nyaman dan aman.

Orang tua merupakan orang pertama yang harus Anda dekati, karena orang tua akan selalu memberikan ketenangan. Melihatnya ataupun mendengarkan nasehat serta dukungannya sangat terasa di hati. Karena merekalah orang yang paling mencintai Anda, sekaligus paling peduli dengan kesehatan anaknya. Selain orang tua, Anda juga bisa menghubungi teman-teman. Jalin komunikasi sebagaimana mestinya. Kemudian ciptakan suasana obrolan yang seru dengannya. Maka, Anda akan merasakan suasana yang sama seperti hari-hari normal saat Anda berbincang dengannya.

Kemudian yang selanjutnya ialah psikolog. Psikolog bisa menjadi partner yang sangat berguna untuk membantu dalam menyelesaikan sebagian masalah yang dihadapi oleh seseorang. Terutama yang berhubungan dengan kejiwaan. Seorang psikolog dengan setia mendengarkan keluh kesah Anda. Apapun yang membebani fikiran akan dicerna, lantas diberikan solusi yang tepat untuk meredakannya.

Saat ini, Anda bisa berkonsultasi melalui layanan internet. Sudah banyak tempat yang bisa dimanfaatkan. Anda hanya cukup memilih salah satunya. Lantas, mulai membuat percakapan santai tentang sejumlah masalah. Dengan menjalin komunikasi dengan orang yang ahli, hati Anda akan dibesarkan. Suasana yang tadinya tidak mengenakkan kini akan kembali normal. Hasilnya, Anda bisa menikmati kehidupan layaknya tidak terjadi sesuatu yang dinilai besar dan penuh beban.

Memotivasi diri dengan menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan dapat Anda lakukan dengan menghilangkan rasa khawatir akan terjangkit, resah lantaran penghasilan menurun dan lain sebagainya.(*)