Untuk Kepentingan tertentu, ternyata Facebook dapat Melacak Keberadaan Penggunanya

154

Sebagai media sosial terpopuler saat ini, Facebook diketahui dapat melacak lokasi di mana penggunanya berada untuk berbagai kepentingan. Terutama untuk keperluan menyodorkan iklan.

Untuk mencegah pelacakan ini kita dapat menghentikan dengan mematikan akses aplikasi Facebook ke location services yang menggunakan kombinasi GPS dan jaringan seluler untuk menentukan posisi perangkat. Namun, meskipun location service untuk Facebook sudah dimatikan, belakangan terungkap bahwa Facebook secara diam-diam masih bisa melacak penggunanya melalui cara lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Facebook dalam sebuah surat berisi jawaban atas pertanyaan terkait pelacakan lokasi dari senator AS Christopher Coons dan Josh Hawley.

Menurutnya Facebook memiliki tiga cara untuk melacak pengguna. Akses location service yang dapat dimatikan, hanya salah satu dari tiga cara tersebut. Untuk dua cara lainnya, Facebook tidak mengandalkan GPS untuk memantau lokasi pengguna, melainkan pantauan posting pengguna dan alamat IP perangkat yang dipakai. Selain itu, Facebook bisa mengetahui lokasi pengguna dari posting dan aktivitasnya, juga dari informasi yang diberikan oleh orang lain lewat tagging.

“Kalau seseorang merespon sebuah event lokal di Facebook, mengunggah video yang dibubuhi tag lokasi, atau di-tag oleh teman saat berada di restoran, maka kami bisa mendapat kemungkinan lokasinya,” tulis Facebook.

Informasi tempat tinggal juga bisa didapatkan Facebook dari keterangan lokasi di Marketplace, atau dari alamat yang memang dituliskan di profil pengguna.

Bukan hanya itu, Facebook juga bisa melacak lokasi dari alamat IP, meski cara ini tidak seakurat dua cara lainnya. IP alias Internet Protocol merupakan nomor identitas unik yang digunakan sebagai “alamat” sebuah perangkat saat tersambung ke jaringan internet. Dari sini bisa diperoleh gambaran kasar lokasi perangkat.

“Perangkat mentransmisikan alamatnya (IP), yang kemudian diterima oleh perangkat lain yang terhubung, di manapun lokasinya berada saat menerima pesan atau informasi,” imbuh Facebook.(*)