Tips memilih Hand Sanitizer yang tepat agar terhindar dari Bakteri dan Virus

128

Mencegah penularan virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Perlu lebih cermat dalam memilih antiseptik hand sanitizer agar mampu membasmi bakteri maupun virus yang memapar di tangan. Selain sabun, Hand sanitizer, menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mencegah penularan virus corona.

Meski, lebih disarankan untuk memakai air bersih dengan sabun untuk membersihkan tangan Anda. Tapi, kebutuhan hand sanitizer saat di perjalanan atau sulit mendapatkan air menjadi hal penting. Bagi Anda pengguna Hand Sanitizer harus jeli dalam memilih hand sanitizer yang benar dan efektif menghindari virus.

Dilansir dari Insider, hand sanitizer yang efektif memiliki kandungan alkohol antara 60% dan 95%. Hand sanitizer mungkin memiliki bahan lain seperti pelembab atau wewangian, tetapi alkohol adalah bahan aktifnya. Untuk menggunakan hand sanitizer dengan benar, pastikan untuk membasahi tangan Anda secara keseluruhan dengan hand sanitizer. Kemudian, gosok dan biarkan benar-benar kering. Jika Anda mengelapnya sebelum mengering, itu tidak akan efektif, menurut CDC. Jika tangan Anda berminyak atau terlihat kotor, hand sanitizer tidak akan efektif.

Sebaliknya, Anda harus mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik. Menurut CDC, orang yang berolahraga, berkebun di luar, atau mengolah makanan harus selalu mencuci tangan dengan air setelah beraktivitas daripada mengandalkan hand sanitizer.