Tips Cara Merawat Helm agar Tidak Lembab dan Berjamur

Bagi Anda yang sehari-hari berkendara menggunakan sepeda motor, menggunakan helm merupakan hal yang wajib dipakai untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada Anda. Selain penting untuk menjaga keselamatan pengendara, pelindung kepala ini juga bisa melengkapi fesyen pemotor saat berada di atas kendaraan kesayangannya.

Helm juga perlu dirawat dengan baik agar aman dan nyaman saat dikenakan, terlebih pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Air hujan yang masuk ke helm saat diparkir diluar bisa menyebabkan helm lembab, berbau, bahkan bisa berjamur jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut tips merawat helm, agar tidak berbau dan berjamur:

Jemur Helm
Langkah yang pertama dengan melepaskan semua inner padding setelah dipakai berkendara saat hujan. Busa lapisan dalam helm yang lembab atau basah harus dilepas, baik yang berada di bagian ruang telinga kanan dan kiri, bagian depan (pada helm full face), juga bagian atas kepala. Jika inner padding sudah dilepas, biarkan semua bagian helm terpapar angin dan sinar Matahari. Teduhkan bila sudah kering dan jangan terlalu lama dijemur juga.

Lap helm dengan kanebo
Silakan mengelap permukaan helm dengan kanebo, dan untuk bagian inner padding gunakan foam khusus untuk membersihkannya.

Bersihkan visor
Visor juga menjadi bagian yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya, karena visor memiliki peran yang penting. Jika visor pada helm kita kotor maka, penglihatan juga tidak nyaman. Segera lap visor dan bagian luar helm setelah dipakai. Jangan biarkan mengering dengan sendirinya.

Dan untuk menghindari dari cipratan air hujan, jangan pernah menggantungkan helm di motor pada saat diparkir. Di sarankan agar selalu bawa atau paling tidak titipkan helm di tempat penitipan helm yang tersedia di setiap tempat parkir. Helm yang digantung atau ditinggalkan di sepeda motor berpotensi jatuh dan rusak, mudah terpapar debu, atau bahkan kehujanan. Semoga bermanfaat.