Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 dengan Minum Kopi

Manfaat Kopi untuk tingkatkan Imun Tubuh

Minum secangkir kopi di pagi hari tak hanya bisa meningkatkan mood dan energi, tapi juga membawa banyak manfaat sehat. Salah satunya mengurangi peradangan karena kandungan antioksidan di dalam kopi. Kopi disebut-sebut sebagai salah satu minuman tersehat di dunia. Dimasa pandemi Covid-19, konsumsi kopi bisa menjaga kesehatan seseorang dengan berbagi cara.

Dari sisi nutrisi, kopi mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin B1, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B5, magnesium, kalsium, potasium, dan mangan. Semuanya diperlukan tubuh setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Manfaat minum kopi lainnya adalah kopi bersifat sebagai antidepresan yang bisa mencegah stress.
Sistem imun tubuh manusia dirancang sempurna untuk melawan serangan penyakit dan virus, namun sayangnya di tengah gaya hidup modern, stress, dan pola hidup tak sehat, sistem imun tubuh akan ikut melemah. Akibatnya kemampuan imun untuk melawan penyebab penyakit akan berkurang.

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan pertahanan imun tubuh lewat cara berikut:

1.Antioksidan polifenol dalam kopi dapat membantu mencegah penyakit utama seperti diabetes, masalah jantung, penyakit saraf, osteoporosis, dan kanker.

2. L-theanine memiliki produk metabolisme, Ethylamine. Zat ini juga ditemukan dalam teh hitam. Ethylamine memicu reaksi sel T tertentu, yang membantu sistem imun untuk melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

3. Efek positif ini sebagian besar terjadi lewat asupan kafein tingkat sedang. Adapun jumlah asupan yang disarankan adalah 400 miligram kafein atau sekitar tiga hingga empat cangkir kopi per hari. Jumlah tersebut dianggap ideal untuk orang dewasa yang sehat. Namun, orang-orang muda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 100 mg per hari.

Perlu diwaspadai, manfaat minum kopi tidak akan Anda rasakan jika mengonsumsinya terlalu banyak. Justru hal yang bakal terjadi adalah sebaliknya dimana Anda akan merasakan efek negatif.

Semua ini tergantung pada jumlah kopi yang diasup, seberapa sering, bagaimana kepekaan tubuh Anda terhadap asupan kafein.

Efek yang mungkin bisa dirasakan adalah perasaan gelisah, kepala pusing, jantung berdebar, dan sulit tidur. Efek-efek ini akan terasa lebih kuat dan cepat terjadi pada seseorang yang memang sensitif terhadap kafein.

Untuk kandungan kafein pada kopi, berikut gambarannya. Untuk 1 cangkir (240 ml) kopi tubruk 96 mg, 30 ml espresso 64 mg, 1 cangkir (240 ml) teh hitam 47 mg, 240 ml minuman energi 29 mg dan 30 ml cokelat sebanyak 23 mg.(*)