Sederet Harapan Warga kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin

52
Sederet Harapan Warga kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin

BERANDANEWS – Makassar, Bahtiar Baharuddin telah resmi diambil sumpahnya oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mengisi jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan bersama 9 Pj Gubernur lainnya.

Para penjabat gubernur yang dilantik itu langsung bekerja hari ini, dan memiliki masa jabatan satu tahun, serta dapat diperpanjang satu tahun berikutnya. Pj Gubernur menjabat hingga ada gubernur definitif hasil Pilkada. Adapun pemilihan kepala daerah dijadwalkan bakal digelar secara serentak pada November 2024 mendatang.

Lantas apa harapan warga kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin?

Berikut tanggapan beberapa harapan warga yang berhasil dirangkum tim redaksi berandasulsel.com

“Semoga kedepan apa yang telah dikerjakan oleh Gubernur sebelumnya, bisa dilanjutkan. Termasuk pembangunan infrastruktur, dan yang paling penting dapat mendorong kesejahteraan masyarakat”, ujar Rahmat yang berprofesi sebagai pedagang Pasar Pa’baeng-baeng, Selasa (5/9).

Hal senada juga diungkapkan Dosen Perguruan Tinggi Swasta, Basri. Menurutnya, dengan dilantiknya Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik.

“Pembangunan infrastruktur semoga bisa dilanjutkan, dan yang terpenting lagi perhatiannya terhadap kesejahteraan dan dapat membawa perubahan yang lebih baik”, tegasnya.

Lain halnya dengan Aris yang berprofesi sebagai advokat di Kabupaten Wajo.

“Nama Bahtiar Baharuddin tergolong asing dimata warga sulsel, tapi dengan segudang pengalamannya di pemerintahan yang saya liat di beberapa media, cukup menjanjikan untuk bisa mengantar dan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Andi Sudirman kearah yang lebih baik, termasuk pada penegakan persoalan hukum dan keadilan bagi masyarakat”, ujarnya.

Aris menilai di Sulsel ini termasuk salah satu daerah yang rawan ketika memasuki momen Pilkada , untuk itu ia berharap kepemimpinan Bahtiar di Sulsel bisa meredam segala persoalan hukum yang ada di Sulsel.

“Menghadapi momen Pilkada atau Pemilu di Sulsel itu biasanya sangat rawan ada gesekan, olehnya itu diharapkan Pj Gubernur nantinya bisa meredam segala persoalan yang ada disini”, tambahnya.

Sementara itu ditempat terpisah Akademisi UIN Alauddin Makassar, Ibnu Hajar, menyambut baik kehadiran Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, yang akan melanjutkan pembangunan di Sulsel. Menurutnya segala pekerjaan rumah sudah menunggu dan semua elemen masyarakat pasti mengharapkan sosok yang mampu membawa Sulsel ini jauh lebih baik kedepannya.

“Pekerjaan rumah sudah menunggu, sebagai warga sulsel kami menunggu gebrakan dan inovasi dari Pj Gubernur ini. Apalagi menghadapi momen Pemilu 2024 ini, menjadi tantangan bagi pak Bahtiar untuk bisa mengawal situasi yang aman dan kondusif”, jelasnya Ibnu Hajar.

Mantan Aktivis ini juga mengingatkan netralitas ASN yang mesti dijaga menjelang Pemilu 2024 mendatang. Termasuk sejumlah masalah di lingkup Pemprov Sulsel. Mulai konflik interest hingga netralitas ASN menjelang Pemilu 2024.

“Masyarakat Sulsel berharap banyak ke Bahtiar sebagai Pj Gubernur. Sulsel ini dinamis, khususnya bagaimana melahirkan kebijakan strategis untuk kemajuan Sulsel,” ujar Ibnu Hadjar.

Terkait adanya informasi utang yang dimiliki Pemprov Sulsel sebesar Rp 1,2 Triliun. Ibnu Hajar harap hal-hal seperti ini harus juga dituntaskan Bahtiar Baharuddin.

“Informasinya ada utang yang dimiliki Pemprov Sulsel sebesar Rp.1,2 Triliun, ini secepatnya harus segera dituntaskan” tutup Ibnu Hajar. (*)