Mengenal Laptop Pertama di Dunia

121

Salah satu kelebihan Laptop adalah dapat dibawa kemana saja dan kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Namun, tahukah Anda bagaimana laptop tercipta pertama kali?

Ide penciptaan laptop pertama kali dicetuskan oleh Alan Kay. Ia mengemukakan sebuah konsep bernama “Dynabook” di 1972. Konsep tersebut dilontarkan saat ia sedang mengejar gelar PhD.

laptop1
NoteTaker
laptop2
Osborne1

Dynabook dimaksudkan untuk menjadi komputer tablet yang dapat berjalan dengan bantuan baterai. Bentuknya yang mirip tablet, dianggap revolusioner oleh sebagian kalangan. Sayangnya, teknologi di periode 1970-an tidak cukup maju untuk mendukung ide ini, dan konsep Dynabook tidak jadi diwujudkan.

Setelah ide Dynabook gagal, para peneliti dari Xerox PARC datang dengan konsep “NoteTaker”. Secara desain, NoteTaker masih memiliki bodi seperti dektop komputer, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada masanya, NoteTaker membawa teknologi yang mumpuni, seperti sebuah floppy disk drive dan mouse. Komputer ini juga membawa RAM 256 KB, dan prosesor Intel 8086 5 MHz.

Sayangnya, NoteTaker hanya diproduksi sebanyak 10 unit. Hal ini dikarenakan teknologi pada saat itu belum mendukung produksi massal dari laptop ini.

Setelah rentetan kegagalan, akhirnya laptop tersedia secara komersial melalui Osborne 1. Walaupun ukurannya masih cukup besar, Osborne 1 merevolusi bisnis. Komputer ini dianggap sebagai laptop pertama yang dijual secara komersial. Demikian seperti dikutip dari Random History.