Menanti Ponsel 5G Murah Hadir di Pasaran

153

Layanan jaringan konektivitas internet 5G super cepat masih menjadi penantian banyak orang di Indonesia. Untuk saat ini konektivitas yang menjanjikan 100 kali lebih cepat dari 4G tersebut hanya tersedia di ponsel premium.

Dilansir dari laman CNET, ponsel 5G pun saat ini masih belum banyak dan memiliki harga yang mahal. Beberapa vendor seperti Samsung, Huawei, Xiaomi dan Oppo pun berbondong-bondong membuat ponsel dengan konektivitas 5G.

Ponsel 5G yang terjangkau untuk semua pun kabarnya masih bertahun-tahun lagi. Hal tersebut lantaran ponsel 5G dan jaringan nirkabel membutuhkan biaya miliaran untuk membangunnya. Meskipun demikian, ada beberapa ponsel 5G yang harganya kurang dari USD1000 atau Rp14 juta.

Namun, vendor biasanya tak menyematkan fitur unggulan lain dan tidak menjual secara luas. Misalnya saja Xiaomi Mi 9 Pro yang hadir dengan harga USD520 atau Rp7,28 juta. Ini merupakan ponsel 5G yang cukup murah dibanding lainnya, namun belum tersedia di Amerika Serikat. Amerika menjadi salah satu negara yang telah menggelar jaringan 5G.

Jaringan 5G memang belum tersebar diseluruh dunia, sehingga perlu bertahun-tahun agar manfaatnya tersebar luas di setiap tingkatan. Kabarnya dengan adanya 5G dapat meningkatkan kecepatan internet hingga 100 kali, resolusi video lebih tinggi, dan Game 3D.(*)