Luwu Raih Juara 1 Diempat Kategori Lomba pada Jambore Kader PKK

72
Jambore kader PKK tahun 2023

BERANDANEWS – Luwu, Pelaksanaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan dilapangan Andi Djemma kota Belopa, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu secara resmi ditutup oleh Tim Ahli TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Kasmawati Paturusi, M.M.

Dalam sambutannya, Hj. Kasmawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Luwu, Ketua TP-PKK kabupaten Luwu beserta jajarannya.

“Alhamdulillah, Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sulsel dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Tentu ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah Kabupaten Luwu yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Terima kasih pula kepada Ketua TP-PKK Luwu atas kerja kerasnya bersama jajarannya, menjalin koordinasi dan komunikasi sehingga semuanya berjalan dengan lancar hingga berakhirnya kegiatan,” ujar Hj. Kasmawati.

Dirinya menjelaskan, melalui kegiatan Jambore PKK, diharapkan adanya peningkatan fungsi kinerja Gerakan PKK sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman. Materi yang akan diterima merupakan wujud perhatian dalam mengasah skill, wawasan, pengetahuan dan pengalaman.

“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat mengimplementasikan 10 program PKK yang dijabarkan melalui lomba pada masing-masing pokja dimana selain mengasah ketangkasan, kekompokan tim dan kerjasama, kita juga dapat meningkatkan silaturrahmi dan persaudaraan sesama kader PKK se Sulawesi Selatan,” tutupnya

Pada kegiatan Jambore kader PKK tahun 2023 ini, Kabupaten Luwu selaku tuan rumah berhasil meraih juara 1 pada 4 kategori lomba, yakni lomba jingle paaredi gerakan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju pada Pokja 1, lomba jingle gelari pelangi pada pokja 2, lomba devile kategori peserta terunik dan lomba kekompakan tim memindahkan air menggunakan sarung.

Pada kesempatan itu pula, Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta jambore PKK.
“Selaku tuan rumah dan penyelenggara kegiatan, tentu pasti terdapat kekurangan-kekurangan. Olehnya itu, kami mohon maaf jika selama pelaksanaan kegiatan ada yang tidak berkenan dihati kita semua,” ucap Hj. Hayarna

Kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan Jambore Kader PKK ini, Hj. Hayarna juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga atas peran dan sumbangsihnya sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses.

Berikut daftar pemenang pada masing-masing lomba yang diikuti oleh kader PKK dari 20 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.

Lomba Jingle paaredi Pokja 1
Juara 1 Kabupaten Luwu, Juara 2 Luwu Utara, Juara 3 Kota Palopo, Harapan 1 Wajo, Harapan 2 Soppeng dan Harapan 3 Enrekang.

Lomba Jingle Gelari Pelangi Pokja 2
Juara 1 Kabupaten Luwu, Juara 2 Toraja Utara, Juara 3 Selayar, Harapan 1 Luwu Timur, Harapan 2 Palopo, Harapan 3 Barru.

Lomba Kreasi sarung Pokja 3
Juara 1 Kota Palopo, Juara 2 Pangkep, Juara 3 Jeneponto, Harapan 1 Pinrang, Harapan 2 Luwu, Harapan 3 Selayar.

Lomba Rangking 1 Kader Posyandu Pokja 4
Juara 1 Kabupaten Takalar, juara 2 Selayar, Juara 3 Pinrang, Harapan 1 Luwu Utara, Harapan 2 Soppeng, Harapan 3 Toraja Utara.

Lomba Devile Kategori Peserta Terbaik
Juara 1 Kabupaten Selayar, Juara 2 Pangkep, Juara 3 Toraja Utara, Harapan 1 Enrekang, Harapan 2 Tana Toraja, Harapan 3 Maros.

Lomba Devile Kategori Peserta Terunik
Juara 1 Kabupaten Luwu, Juara 2 Wajo, Juara 3 Palopo, Harapan 1 Luwu Timur, Harapan 2 Barru, Harapan 3 Sinjai.

Lomba Kreatifitas Tenda TerbaikJuara 1 Kabupaten Pangkep, Juara 2 Jeneponto, Juara 3 Palopo, Harapan 1 Enrekang, Harapan 2 Selayar, Harapan 3 Toraja Utara.

Lomba Tenda Kreatif dan Inovatif
Juara 1 Kabupaten Soppeng, Juara 2 Pinrang, Juara 3 Luwu Timur, Harapan 1 Luwu Utara, Harapan 2 Barru, Harapan 3 Luwu.

Lomba Estafet Bola
Juara 1 Kota Palopo, Juara 2 Toraja Utara, Juara 3 Bantaeng, Harapan 1 Luwu, Harapan 2 Pangkep, Harapan 3 Sidrap.

Lomba Estafet Sarung
Juara 1 Kabupaten Soppeng, Juara 2 Barru, Juara 3 Wajo, Harapan 1 Pare-pare, Harapan 2 Selayar, Harapan 3 Toraja Utara.

Lomba Memindahkan Air Menggunakan Sarung
Juara 1 Kabupaten Luwu, Juara 2 Toraja Utara, Juara 3 Pinrang, Harapan 1 Jeneponto, Harapan 2 Barru, Harapan 3 Bantaeng.