Jenis Makanan dan Minuman yang membuat Imunitas Anda Menurun

186

Jika sistem imun atau daya tahan tubuh Anda tinggi, pastinya Anda akan mampu bertahan terhadap serangan penyakit bahkan memusnahkannya. Anda juga mampu menghambat penyakit yang bermaksud menginfeksi tubuh Anda.

Namun sebaliknya, jika sistem imun tidak berfungsi secara efektif alias menurun, misalnya gagal memproteksi tubuh dari serangan penyakit, bahkan bisa berbalik menyerang tubuh sendiri memunculkan berbagai alergi dan penyakit aotoimun. Agar tidak mudah terkena serangan virus maupun bakteri, kita harus senantiasa menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang terjaga dengan baik, membuat tubuh kuat dan tidak gampang sakit.

Untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan menjaga kebersihan serta mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Anda harus tahu jika sejumlah makanan minuman di bawah ini, justru dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Dilansir dari sejumlah sumber, makanan dan minuman yang bisa menurunkan imunitas yakni.

1. Makanan dengan Kandungan MSG
Makanan yang mengandung banyak MSG bisa menyebabkan adanya perubahan pada kelenjar yang ada pada rongga dada. Kondisi ini akan menyebabkan sel darah putih berkurang yang berarti daya kerja imun Anda menurun.

2. Minuman Beralkohol
Minum minuman beralkohol bisa merusak semua sistem dalam kekebalan tubuh Anda.

3. Minuman Bersoda
Di dalam soda ada kandungan pemanis buatan. Unsur itu tidak akan meningkatkan kekebalan tubuh, malah akan merusaknya.

4. Minuman Kafein
Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan kadar kortisol di dalam tubuh. Efeknya adalah sistem kekebalan tubuh akan menurun secara perlahan lahan.