HUT ke 678 Tahun Sidrap, Plt Gubernur resmikan Proyek Irigasi dari Bantuan Keuangan

56
Plt Gubernur resmikan Proyek Irigasi dari Bantuan Keuangan

BERANDANEWS – Sidrap, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan sejumlah proyek pembangunan tahun 2021 di Kabupaten Sidrap.

Hal itu dilakukan Andi Sudirman pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka 678 Tahun Kabupaten Sidrap, Jum’at (18/02).

Adapun proyek yang diresmikan yakni rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Tallumae di Desa Tallumae, Kecamatan Wattang Sidenreng, D.I. Simae di Kelurahan Lalabata Kecamatan Panca Rijang dan D.I. Bina Baru yang terletak di Desa Bina Baru, Kecamatan Kulo.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman merasa senang atas upaya Pemkab Sidrap dalam menyerap bantuan keuangan Provinsi.

“Alhamdulillah, rehab terhadap tiga irigasi di Sidrap dari bantuan keuangan tahun 2021, telah selesai dan telah mengairi 512 hektar sawah. Dan kini sudah dinikmati oleh masyarakat setempat,” ungkapnya.

Menurutnya hal ini, bersentuhan langsung manfaatnya ke masyarakat.

“Hal ini menjadi kebutuhan petani. Kita harap dapat meningkatkan produksi pertanian,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sidrap Dollah Mando menyampaikan terima kasih atas perhatian Plt Gubernur Sulsel terhadap pembangunan di daerah yang biasa disebut Bumi Nene Mallomo ini.

“Alhamdulillah, terima kasih atas perhatian bapak Plt Gubernur Sulsel terhadap pembangunan infrastruktur baik dari APBD Provinsi maupun bantuan keuangan daerah. Untuk pembangunan jalan, jembatan dan irigasi,” kata Dollah Mando.

Tiga irigasi yang didanai dari bantuan keuangan tersebut, telah rampung 100%. Proyek ini telah dinikmati oleh masyarakat dengan potensi aliran seluas 512 hektar sawah.

Dengan bertambahnya areal potensi aliran, maka akan meningkatkan masa panen bagi petani yang sebelumnya satu kali panen setahun, kini berpotensi menjadi dua kali panen. Ini tentunya berdampak pada produktivitas hasil pertanian maupun perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun ini kami juga mendapat bantuan keuangan kurang lebih Rp 6 Miliar, diperuntukkan untuk jalan, jembatan dan irigasi,” ungkapnya.

Terpisah, salah seorang petani, Salman mengaku sangat terbantu dengan selesainya proyek irigasi tersebut.

“sangat bagus, dampaknya semua teraliri. Terima kasih kepada bapak Andi Sudirman untuk pembangunan irigasi saat ini, mantap,” akunya sambil mengacungkan jempolnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya kali ini, Andi Sudirman juga menandatangani prasasti tanda peresmian rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Toddang Bojo dan pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Baranti.(*)