Cara mengatasi Rasa Malas saat Musim Hujan

121

Musim hujan, dimana kondisi yang gelap dan dingin banyak dipercaya akan mempengaruhi mood dan produktivitas kerja seseorang, misalnya jadi malas bekerja. Faktor psikologis yang mempengaruhi bahkan menurunkan produktivitas kerja seseorang, sehingga bermalas-malasan.

Pengaruh suhu di luar ataupun didalam rumah yang cukup dingin rasanya tak ingin melepaskan diri dari selimut tebal Anda di kamar. Tapi bukankah masih ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan kendati masih di dalam rumah?. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengusir rasa malas saat musim hujan :

Bersosialisasi dengan teman
Memilih diam di dalam rumah dan mengisolasi diri dapat memutus Anda dari kehidupan sosial. Kesendirian memiliki dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah studi menyebut, orang yang terbiasa sendiri memiliki risiko peradangan lebih besar dibandingkan orang-orang yang sering berinteraksi sosial. Peradangan tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan alzheimer. Undanglah teman-teman dan habiskan waktu berkualitas dengan mereka dan keluarga.

Rencanakan Kegiatan di Dalam Ruangan
Jika Anda lebih suka tinggal di dalam rumah, ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan, seperti berolahraga di rumah, atau memasak. Beberapa kegiatan ini bisa dilakukan di rumah Anda, sementara olahraga lain dapat yang Anda lakukan di tempat kebugaran di dekat rumah Anda.

Membaca Buku
Carilah buku yang menarik untuk Anda baca di rumah. Membaca buku fiksi dapat membantu Anda terhindar dari stres. Studi terbaru menunjukkan membaca buku fiksi dapat membuat Anda lebih memahami dan berempati kepada orang lain.

Berolahraga
Cara ini mungkin bisa dilakukan didalam rumah, ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan didalam rumah, seperti senam, Jumping Jack, Push Up, Leg Lift, Sit Up, atau mengangkat beban. Tujuan dari olahraga selain bisa meningkatkan pola hidup sehat, juga dapat membakar kalori dalam tubuh bagi yang menjalani program diet. Semoga bermanfaat.