5 Makanan untuk menurunkan Tekanan Darah Tinggi

335

Mengonsumsi makanan sehat merupakan bagian terpenting dalam mengobati darah tinggi. Penyakit darah tinggi merupakan kondisi yang dapat membahayakan, karena kondisi jantung akan dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Sehingga dapat mengakibatkan timbulnya komplikasi penyakit.

Berikut 5 jenis makanan yang patut Anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Oatmeal
Tahukah kamu bahwa oatmel sejak lama telah dikenal akan manfaat untuk kesehatan. Bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Pada tahun 1995 FDA secara resmi menyetujui klaim kesehatan jantung dari The Quaker Oats Company.

Bahkan, ini adalah klaim kesehatan makanan pertama yang disetuju oleh FDA untuk dipasarkan pada sebuah produk oats. Oatmeal memiliki kandungan serat tinggi, rendah, dan rendah sodium. Kandungan inilah yang membuat oatmeal dapat menurunkan darah tinggi.

2. Pisang
Pisang mengandung vitamin C dan B6. Bahkan memiliki beberapa kandungan protein, serat, karbohidrat, dan magnesium. Pisang adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain rasanya yang enak, pisang terdapat kandungan kalium. kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efektif negatif dari garam. Garam berfungsi untuk menahan air, Sehingga dapat menimbulkan masalah pada ginjal Anda.

Jika ginjal Anda tidak bisa membuangnya. Semakin banyak cairan yang Anda miliki dalam tubuh. Semakin banyak cairan yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi tekanan darah.

3. Kentang
Jika Anda tidak menyukai pisang, maka jangan khawatir! Anda dapat mengonsumsi kentang untuk mendapatkan natrium. Kentang adalah jenis umbian yang paling tinggi mengandung kalium. Dalam satu buah kentang, mengandung sekitar 897 mg potasium dari 25 persen nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

4. Coklat Hitam
Dark chocolate atau Coklat Hitam baik untuk kesehatan jantung. 100 gram cokelat batang memiliki kandungan 70-85 persen kakao. Tahukah Anda, kakao mengandung serat, zat besi, magnesium, serta banyak potasium, fosfor dan selenium?

Tahukah kamu, penelitian telah menemukan bahwa cokelat hitam dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi tahun 2015 telah menemukan bahwa makan cokelat hitam dapat mengurangi penyakit kardiovaskular.

5. Berry
Mix berry yang dimaksud adalah blueberry, stroberi, rasberry, blackberry. Jika terdapat buah dengan kata berry, maka buah tersebut memiliki sumber polifenol yang baik. Terutama anthocyanin, mikronutrien, dan serat. Selama hampir 40 tahun, buah ini diklaim mengandung banyak serat dan baik untuk menurunkan tekanan darah.