5 Kebiasaan Baik yang Harus diteruskan Pasca Pandemi

73

Menghadapi pandemi Covid-19 tampaknya perlu optimisme tinggi. Gaya hidup yang tidak terkontrol dan seolah abai terhadap aturan, harus kita hindari dan bersama-sama menjaga kurva pandemi ini.

Namun kita juga harus mulai berpikir jika pandemi ini berakhir, apakah masih perlu memakai masker?. Lantas apa saja kebiasaan baik setelah pandemi yang masih harus dilakukan? Cek beberapa hal berikut ini yang tetap baik untuk diteruskan sepanjang waktu.

Jaga kesehatan diri
Kebiasaan baik setelah pandemi memang masih dimulai dari diri sendiri. Jika kita sehat tentu saja juga berpengaruh terhadap lingkungan. Kita harus tetap membiasakan agar tidak memaksakan diri pergi-pergi saat daya tahan tubuh sedang lemah. Selain kita tidak bisa menikmati suasana saat nggak fit, orang lain juga bisa tertular penyakit. Mulai saat ini menjaga kesehatan yang terpenting, dengan rutin berolahaga dan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas.

Membantu yang susah
Manusia fitrahnya pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain, Anda akan menjadi lebih peka terhadap lingkungan, atau mengecek keadaan orang-orang sekitar kita.
Mengulurkan tangan untuk membantu yang susah, termasuk dalam kebiasaan baik setelah pandemi untuk diteruskan.

Tetap jalin Komunikasi
Setelah pandemi berakhir rasanya tidak aneh bila kita tetap menjalin silaturahmi lebih baik daripada sebelumnya. Saling berkirim kabar itu baik karena Anda sudah merasakan sendiri.

Lawan hoax
Ada banyak berita seputar Covid-19 yang bertebaran. Portal berita pun setiap hari dengan gencar meng-update kabar terbaru tentang pandemi. Yang paling bahaya, kalau ada berita hoax yang diviralkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Olehnya itu, pahami dan telusuri bagaimana untuk mengecek berita hoax dan melaporkan akun ‘abal-abal’ yang bikin resah.

Tetap taati Aturan
Meneruskan kebiasaan baik bahkan setelah pandemi berakhir merupakan hal yang wajib dipertahankan. Seperti menerapkan pola hidup bersih, menjalankan protokol kesehatan, tujuannya untuk menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar Anda.(*)