5 Jenis Makanan yang mengandung Vitamin B

104

Pola hidup sehat dengan makanan makanan yang mengandung vitamin memang penting untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Vitamin B misalnya, selain meningkatkan fungsi otak yang sehat, juga dapat meningkatkan tingkat energi, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan juga baik untuk pencernaan.

Manfaat Vitamin B sangat penting bagi wanita termasuk wanita hamil dan menyusui karena dapat membantu perkembangan otak bayi dan menurunkan risiko cacat lahir, selain itu Vitamin B juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria. Nah, ada berbagai makanan yang mengandung Vitamin B, apa saja? Berikut Ulasannya:

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, collard dan selada romaine, adalah salah satu sumber folat tertinggi. Anda bisa memakannya mentah atau mengukusnya sebentar untuk mempertahankan nutrisi paling banyak.

2. Telur
Telur adalah salah satu sumber biotin terbaik yang memainkan peran penting dalam kesehatan rambut, kulit dan kuku. Satu telur besar dapat membantu Anda mendapatkan 33% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk biotin yang didistribusikan kuning dan putihnya.

3. Kacang-kacangan
Seperti dilansir dari Sindo News, selain tinggi asam folat, kacang-kacangan juga menyediakan sejumlah kecil vitamin B lain seperti tiamin, riboflavin, asam pantotenat dan piridoksin. Folat mengurangi risiko cacat lahir.

4. Kenari
Kenari kaya akan beberapa vitamin, mineral dan antioksidan seperti tembaga, fosfor, folat, piridoksin, mangan, vitamin E dan lainnya.

5. Salmon
Salmon sarat dengan asam lemak omega-3 dan beberapa vitamin B, termasuk riboflavin, niacin, B6 dan B12. Apalagi ikan bergizi ini tinggi protein tapi rendah merkuri.