Usia 40 Tahun, Waktunya untuk Intospeksi Diri demi Karir

Ilustrasi By ThinkstockPhotos

Ketika sudah berusia di atas 30 tahun, hal ini selalu diidentikkan dengan pekerjaan yang sudah mapan dengan level jabatan sudah cukup tinggi. Makanya, saat usia masih muda banyak orang berlomba meniti karier. Namun, apa jadinya kalau di usia 40 tahun pekerjaan yang Anda lakukan sekarang masih ‘gitu-gitu saja’ bahkan mandek? Pilihan mana yang bakal Anda pilih, ganti pekerjaan atau introspeksi diri?

Dimulai dengan bertanya pada diri sendiri, apakah skill masih mumpuni? Atau mungkin keahlian kita yang sudah tidak dibutuhkan atau sudah tertinggal jauh?. Bisa saja ini masalah ada pada diri sendiri. Berlaku jujur itu penting agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Jika sudah merasa ada yang tidak sesuai dengan pekerjaan Anda dan ingin pindah tempat kerja, merupakan hal yang wajar. Kebanyakan, mereka yang sudah berusia 40 tahun lebih bermain di ‘independent carrier, dengan menjadi trainer atau konsultan. Dan bukan tanpa alasan, pilihan ini diambil karena alasan waktu yang lebih fleksibel. Tidak bisa dipungkiri, ketika usia Anda sudah 40 dan ada di level pekerjaan yang tinggi, maka waktu Anda akan semakin banyak buat pekerjaan.

Jelas hal ini yang tidak diinginkan bagi mereka yang akhirnya memilih untuk bersolo karier di usia 40 tahunan. Itu tergantung Anda untuk memilih jalan untuk menentukan pilihan. Jadi, sebisa mungkin lakukan hal yang membuat Anda bangga dengan diri sendiri dan bermakna untuk banyak orang.