Uban Pertanda Kekurangan Vitamin

112

Ubanan merupakan hal wajar bagi pria dan wanita disaat usia sudah tergolong memasuki usia yang cukup tua, bagi kebanyakan perempuan, rambut menjadi mahkota diri yang harus dirawat dan tampil maksimal tiap kesempatan. Namun bagaimana jika kamu sudah mengalami rambut beruban sebelum waktunya?

Penyebab ubanan sendiri bisa menjadi tanda tubuh kekurangan nutrisi tertentu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Trichology menemukan bahwa rambut beruban dini pada orang Asia merupakan tanda tubuh kekurangan vitamin B12.

Meski memang jarang terjadi masalah kesehatan yang muncul dengan indikasi rasa sakit fisik karena kekurangan vitamin B12, namun tanda samar seperti rambut beruban juga tak bisa diabaikan. Asupan B12 per harinya sebenarnya tidak terlalu tinggi, apalagi umumnya akan dikonsumsi bersama vitamin B lainnya.

Jadi, selain faktor usia atau keturunan, rambut beruban bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti daging sapi, daging ayam, telur dan produk olahan susu kedelai, susu almond, dan memang sebaiknya dikonsumsi secara cukup setiap harinya.

Selain makanan di atas, kamu juga bisa menemukan vitamin B12 di beberapa jenis rumput laut, seperti nori. Lalu, beberapa hewan laut, yaitu kerang, kepiting, ikan sarden, ikan salmon, dan ikan tuna.