Tips tingkatkan Kualitas Komunikasi dengan Orang terdekat Selama Corona Covid-19

125

Selama pandemi corona Covid-19 seperti saat ini ternyata sangat penting untuk memperhatikan komunikasi dengan orang dicintai. Koneksi ini berharga untuk kesehatan seperti memperkuat sistem imun tubuh.

Untuk tetap terhubung dengan pasangan membutuhkan keterampilan dalam hal komunikasi. Seperti yang dilansir Yourtango, Ahli hubungan, Harville Hendrix and Helen LaKelly Hunt menjelaskan lima elemen untuk meningkatkan komunikasi dalam hubungan.

Apa saja tips-tips jitu meningkatkan hubungan selama pandemi corona Covid-19? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Bicara tanpa mengkritik
Coba gunakan pernyataan “Saya” yang memungkinkan kejelasan dan ekspresi perasaan sembari menghindari menyalahkan. Mungkin bermanfaat untuk menjelaskan apa yang Anda coba selesaikan sebelum menggunakan pernyataan ini dengan pasangan Anda.

2. Mendengarkan tanpa menghakimi
Berbicara dari hati membutuhkan keberanian. Hapus penilaian dari penyamaan dan biarkan Anda dan pasangan mengatakan apa yang Anda pikirkan dan rasakan tanpa rasa takut.

3. Terima Perbedaan
Libatkan rasa ingin tahu Anda. Tak ada dua orang atau dua persektif yang sama. Pilih untuk melihat perbedaan-perbedaan ini sebagai kualitas unik, daripada konflik. Jelajahi dan berempati, Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda temukan saat berjalan-jalan dengan pasangan Anda.

4. Hapus hal-hal negatif
Apapun yang dialami dengan negatif oleh Anda atau pasangan Anda, menciptakan kegelisahan dan mengganggu perasaan aman. Hal itu dapat memecah hubungan.

5. Ekspresikan hal-hal positif
Dorong pola pikir optimis dengan secara teratur mengekspresikan hal-hal positif kepada pasangan Anda. Ketika Anda mengurangi negativitas dan menambahkan hal-hal positif, Anda menciptakan lingkungan yang aman. Tanda hubungan yang sehat adalah kemampuan untuk terhubung kembali dengan cepat satu sama lain setelah konflik muncul dan diselesaikan.