Tips Sehat menjaga Tubuh saat Berlari

Olahraga lari bagi pemula

Olahraga lari sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Para pencinta olahraga lari ini pun memiliki trik sendiri untuk membuat kegiatan mereka menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Runner’s World 2016, 61 persen responden mengatakan mendengarkan musik saat berlari. Dari angka tersebut, 82 persen dari mereka mendengarkan lagu favorit.

Begitu pun dengan studi yang dilakukan oleh Running USA pada 2017, lebih dari setengah responden mengatakan mendengarkan musik saat berlari. Studi lain mengatakan, mendengarkan musik dengan tempo cepat atau lagu-lagu motivasi dapat meningkatkan langkah 15 persen lebih banyak dan lebih cepat.

Pada intinya untuk pelari pemula Anda harus berlatih terlebih dahulu seperti lari-lari kecil dan seringnya latihan agar fisik Anda kedepannya menjadi kuat, sehingga dapat berlari hingga garis finish. Anda juga perlu memperhatikan batas kekuatan tubuh kita saat berlari, apakah Anda masih sanggup untuk melanjutkan atau tidak yang bisa mengetahuinya hanyalah diri kamu sendiri.

Jika kita sudah merasa pusing, mata berkunang-kunang, dan napas sudah tersenggal-senggal lebih baik berhenti untuk menghindari cedera atau pingsan. Tips agar Anda tetap kuat untuk berlari hingga garis finish adalah berlari kecil, atur napas kita dengan teratur, jika lelah beristirahat, jangan terpacu jika ada orang yang berlari kita ikut berlari kencang karena akan memperburuk kondisi tubuh kita.

Olahraga apapun yang Anda lakukan, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga.