Tips menghentikan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Manis

Ilustrasi Makanan Manis

Kebiasaan menikmati makanan manis atau cemilan kadang susah untuk dikontrol, termasuk porsi dan rutinitas yang Anda habiskan hanya untuk ngemil. Selain karena memiliki rasa yang enak dan manis, kadang kita tidak sadar sudah menghabiskan banyak porsi.

Akibatnya, banyak yang terkena diabetes atau naiknya gula darah dalam tubuh dan penyakit lainnya. Dan apapun alasannya, kelebihan gula berdampak buruk bagi kesehatan. Jika sedang mencari cara untuk mengakhiri kebiasaan mengonsumsi camilan manis, berikut cara menghentikannya:

1. Makan manis alami
Makanan manis alami seperti buah stroberi atau mangga yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga akan memuaskan keinginan Anda. Anda juga bisa makan yogurt campur madu yang merupakan makanan manis yang cukup enak untuk dinikmati.

2. Sikat gigi setelah makan
Jika Anda menyerah pada keinginan ngemil setelah makan, maka langkah terbaik adalah segera menyikat gigi. Rasa pasta gigi akan mengubah rasa mulut Anda dan rasa mint setelahnya akan membuat Anda tidak bisa makan apa pun.

3. Hindari Makanan manis
Salah satu cara menghindari makanan manis, dengan meninggalkan meja segera setelah makan, hal ini merupakan alternatif lain yang dapat Anda coba untuk menghindari rasa mengidam Anda. Segera bangun dari meja setelah Anda selesai makan untuk menghindari keinginan makan sesuatu yang manis.

Anda bisa berjalan-jalan di taman atau hanya berjalan-jalan di teras. Ini akan membantu Anda mengalihkan pikiran dan rasa ngidam akan hilang secara otomatis dalam beberapa menit.

4. Atur Keseimbangan
Makan makanan yang tidak seimbang, terutama terdiri dari makanan bertepung, dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Lonjakan ini berakhir tepat setelah makan, yang membuat Anda mendambakan gula. Maka itu, ada baiknya melakukan diet seimbang atau menggabungkan makanan bertepung dengan alternatif sehat lainnya untuk mencegah kenaikan gula darah ini.

5. Makanan penutup porsi kecil
Anda mungkin menghindari makanan penutup karena diet atau rencana olahraga yang ketat. Sering menjauhi gula dalam waktu lama membuat Anda mendambakan lebih banyak. Maka itu, lebih baik tetap memberi tubuh Anda makanan penutup dalam porsi kecil satu atau dua kali seminggu untuk mencegah keinginan yang kuat.