Tips mengasah Kemampuan Public Speaking

90

Menjalani peran di dunia profesional, memang perlu terus belajar untuk mengolah diri untuk lebih produktif. Termasuk peningkatan soft skill, salah satu contohnya kemampuan berkomunikasi yang baik di depan publik atau public speaking. Kemampuan public speaking sangat penting dan berperan besar, tidak hanya di kehidupan sosial, tapi juga dunia profesional dalam karier.

Kemampuan soal public speaking, ada orang yang tipenya memang terlahir berbakat bisa berbicara, berkomunikasi, dan mempresentasikan diri dengan baik tanpa perlu banyak belajar. Ada pula tipe orang-orang yang kemampuan berkomunikasinya harus terus diasah. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kuncinya adalah sederhana, yakni tidak lelah untuk berlatih setiap hari. Melatih diri atau Self evaluation, ini yang banyak orang salah tangkap. Anda bisa belajar dan latihan dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, buka Youtube lalu buka literasi. Intinya latihan sehari-hari.

Selain belajar dan berlatih sendiri di rumah, bagi yang memiliki akses untuk mengambil sekolah formal di sekolah khusus komunikasi juga bisa langsung belajar dari ahlinya dengan bersekolah komunikasi. Namun, sejatinya untuk memupuk kemampuan public speaking agar semakin baik dan terasah. Sekolah formal di sekolah komunikasi, sebetulnya tidak menjadi hal yang wajib. Yang terpenting harus diingat, bagaimana caranya kita belajar komunikasi yang dekat dengan tata krama, efektif, dan santun. Santun di sini yakni santun menurut audience. Semoga bermanfaat.(*)