Tips Keselamatan bagi Pengendara menghindari Pohon Tumbang

91
Pohon Tumbang beberapa waktu lalu di Makassar

Cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, menjadi salah satu potensi pohon tumbang di beberapa wilayah. Untuk itu, para pengendara harus mengetahui beberapa tips keselamatan berkendara untuk menghindari pohon roboh tersebut.

Pohon tumbang di tengah musim hujan cukup sering Anda mendengar kabar kendaraan yang tertimpa oleh pohon roboh tersebut.

Batang pohon yang tidak kuat ketika diterpa oleh angin kencang dan hujan deras menjadikan kita harus ekstra hati -hati dalam berkendara.

Agar bisa selamat dari pohon tumbang tersebut, pengendara bisa melakukan beberapa tips keselamatan berkendara. Beberapa tips untuk Anda. Pertama, pengemudi disarankan untuk tepat dalam memilih tempat parkir. Ketika hujan deras melanda, pastikan jika kendaraan Anda tidak terparkir di sekitar pohon besar. Mungkin parkir di bawah pohon rindang adalah tempat paling oke di siang hari, namun tidak sangat baik saat musim hujan.

Setiap pengendara juga setidaknya harus mengetahui beberapa jenis pohon besar yang berpotensi tumbang. Salah satu jenis pohon yang mungkin harus Anda hindari adalah mahoni, nangka, flamboyant, manga, trembesi dan lainnya.

Tips keselamatan berkendara kedua adalah menentukan rute sebelum berjalan. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan di tengah musim hujan, maka hal yang harus diperhatikan adalah kondisi jalannya.

Jika kondisi jalan yang akan Anda lewati itu situasinya macet dan banyak pohon-pohon besar, pengendara sebaiknya mencari rute lain. Langkah ini bisa menghindarkan pengemudi dari tertimpanya pohon tumbang. Semoga bermanfaat.(*)