Tidak Semua Batuk mengganggu, ini Buktinya

82
Tidak Semua Batuk mengganggu, ini Buktinya

Batuk secara umum adalah infeksi virus, infeksi saluran pernapasan, alergi dan lain lain. Oleh karena itu batuk dapat membuat siapapun merasa tidak nyaman. Dan aktivitas sehari-hari bisa saja terganggu karena kehadiran batuk.

Jenis batuk memang ada yang membahayakan, seperti batuk berdarah maupun batuk yang tidak berhenti selama berhari-hari. Apalagi batuk yang sudah mengganggu pernapasan sehingga membutuhkan pertolongan medis.

Namun tidak semuanya batuk mengganggu. Saat kita tersedak benda cair, pertolongan pertama bukanlah menggunakan Heimlich maneuver, yang mana cara menekan area ulu hati secara kuat untuk mengeluarkan sumbatan benda asing. Cara tersebut terbilang efektif bila korban tersedak benda asing yang padat. Kalau tersedak benda cair, kita mengandallkan refleks dari batuk. Di sini, batuk berperan luar biasa.”

Batuk termasuk bentuk respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Hal ini mencegah benda asing masuk ke saluran pernapasan. Ketika tersedak, seseorang akan refleks mengeluarkan batuk. Benda asing cair diharapkan dapat keluar dari saluran pernapasan melalui batuk. Batuk juga bermanfaat membersihkan penyebab iritasi sekresi (debu, asap) untuk dikeluarkan dari paru-paru.