Terinspirasi saat Ibadah Ke Mekkah, Masjid Al Fatih Al Anshar ini Berbentuk Ka’bah

186

Masjid Al Fatih Al Anshar yang terletak di Jalan Paccinang, Makassar. Bangunan ini berbentuk kotak menyerupai bangunan Ka’bah di Masjidil Haram.

Di sudut bangunan lainnya juga terdapat bangunan menyerupai Hajar Aswad yang biasa dicium umat Islam saat melaksanakan ibadah haji atau ibadah umrah.

Imam Masjid Al Fatih Al Anshar, Ustaz Kiai Muda Harun Abdul Kahar menyebutkan masjid ini dibangun oleh Andi Mustamin Anshar (61) dan putranya yang sekaligus menjadi arsitek Masjid Al Fatih, Muhammad Akbar Wisudawan. Bangunan masjid ini terinspirasi langsung bangunan Ka’bah saat Andi Mustamin sedang menunaikan ibadah di Makkah.

Ustaz Harun menambahkan bangunan masjid Al Fatih ini secara filosofis memiliki beberapa makna seperti tinggi bangunan 12 meter yang diartikan 6 Rukun Iman, 5 Rukun Islam dan 1 berarti Allah Yang Maha Esa. Lebar bangunan 7 meter bermakna 7 langit. Panjang masjid 17 meter dimaknai 17 rakaat dari total jumlah rakaat salat 5 waktu.

Jumlah pintunya sebanyak 5, masing-masing menyimbolkan jumlah rakaat salat, tiga pintu dengan empat daun pintu yang sama menyimbolkan jumlah salat Dzuhur, Ashar dan Isya. Satu pintu memiliki 3 daun pintu sama dengan jumlah salat Magrib dan satu pintu memiliki 2 daun pintu sama dengan jumlah salat Subuh. Bagaimana tertarik untuk beribadah di masjid ini?