3 Tanaman Hias yang Harganya melambung Sejak Pandemi

87

Semenjak Pandemi covid-19, harga beberapa jenis tanaman hias merangkak naik antara tiga hingga 10 kali lipat. Karantina mandiri selama pandemi menumbuhkan minat sebagian masyarakat terhadap tanaman hias. Pertumbuhan hobi ini pun diikuti dengan bertambahnya permintaan, hingga membuat harga beberapa tanaman hias kian mahal.

Selain itu, Antusiasme sebagian masyarakat itu mengantarkan beberapa tanaman hias menjadi primadona dengan harga selangit. Berikut ini ada 3 jenis tanaman hias yang saat ini digemari bahkan harganya yang melambung tinggi yang dilansir dari berbagai sumber :

Monsteria

Selain karena daunnya yang unik, jenis Monstera, ada beberapa spesies yang banyak diminati antara lain, Monstera deliciosa dengan daun lebar dan seperti dipotong-potong atau Monstera adansonii yang memiliki daun berlubang.

Monstera empat daun, kini dibanderol dengan harga jutaan. Bahkan belum lama ini, ‘janda bolong’ alias Monstera adansonii variegata ditebus dengan harga fantastis. Monstera adansonii variegata tersebut punya keunikan. Selain daun-daun yang berlubang, ada semburat putih seperti efek semprotan cat.

Syngonium

Syngonium berasal dari keluarga Araceae, tanaman tropis yang tumbuh di Meksiko Selatan dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Salah satu spesies yang cukup umum dibudidaya sebagai tanaman hias adalah Syngonium podophyllum atau hanya disebut Syngonium.

Untuk spesies variegata sendiri, yang memiliki daun berwarna putih atau kuning pada daun Syngonium yang umumnya hijau. Syngonium variegata dijual dengan harga mulai dari kisaran Rp100 ribu hingga Rp700 ribu. Padahal sebelum pandemi, harga jual Syngonium hanya sekitar Rp10 ribuan.

Lidah mertuaLidah mertua alias Sansevieria adalah tanaman hias dengan bentuk daun-daun tegak, kaku dan bisa bertahan dalam kondisi apapun. Lidah mertua bisa Anda jadikan tanaman ideal untuk membantu memurnikan udara dalam ruangan. Bahkan, ketika tanaman lain mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari, si lidah mertua masih terus memproduksi oksigen.

Lidah mertua masih memiliki harga terjangkau dari belasan hingga puluhan ribu rupiah. Spesies Sansevieria trifasciata laurentii yang disebut lidah mertua kini menembus harga hampir Rp100ribu. Sedangkan spesies Sansevieria hahnii yang mirip sarang burung dibanderol dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah. (*)