Selain Wangi yang Khas, Tasbih Kayu Gaharu punya Manfaat untuk Kesehatan

197

Saat ini banyak jenis tasbih gaharu yang dijual di pasaran, untk produk tasbih gaharu kampung souvenir merupakan dari jenis gaharu buaya. Namun ada baiknya jika anda mempunyai tasbih yang memiliki banyak khasiat selain sebagai alat ibadah tentunya. Tasbih gaharu merupakan tasbih yang mempunyai banyak manfaat dikarenakan wangi gaharu yang khas.

Gaharu sendiri merupakan sejenis kayu yang mempunyai bermacam-macam bentuk serta warna yang khas. Selain warna yang khas gaharu juga memiliki kadar damar yang baunya wangi dan berasal dari pohon atau bagian dari pohon penghasil gaharu yang tumbuh secara alami dan telah mati, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi baik secara alami ataupun secara buatan pada pohon tersebut, dan pada umumnya hal ini terjadi pada pohon yang bernama Aguilaria sp.

Dengan seiringnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, bahan gaharu bukan hanya untuk sebagai bahan industri wangi-wangian saja, melainkan juga secara klinis dapat digunakan sebagai obat. Manfaat Gaharu diantaranya, Gaharu dapat menyembuhkan anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan , penghilang rasa sakit, dan lainnya.

Gaharu di pakai dengan cara di bakar lalu asapnya ini sangat wangi. Selain itu, di Kota suci Mekkah minyak gaharu digunakan pada batu Hajar aswad yang letaknya di tengah kabah.(*)