Sederet Manfaat Garam untuk Kecantikan

67

Tidak ada salahnya mencoba cara alami untuk mempercantik kulit wajah, Anda bisa mencobanya misalnya dengan garam laut. Garam laut memiliki kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Jadi tidak mengherankan, garam laut adalah bahan alami untuk menyeimbangkan, melindungi, dan memulihkan tubuh serta kulit.

Garam memang mempunyai sederet manfaat untuk kulit. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber :

Meremajakan kulit
Digunakan sebagai eksfoliasi alami, garam tidak hanya menghaluskan namun juga meremajakan kulit. Jika dikombinasikan bersama lidah buaya dan lavender, maka fungsinya pun bertambah. Membuat kulit lembap, menyembuhkan, membantu pergantian sel kulit sekaligus berperan sebagai anti-septik alami yang meningkatkan sirkulasi.
Sama seperti madu, garam juga memiliki agen kandungan anti-inflamasi di dalamnya. Berfungsi untuk menenangkan kulit, jerawat dan iritasi pada kulit. Selain itu, juga membantu untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menahan hidrasi di lapisan kulit yang paling membutuhkan.

Toner
Garam dapat membantu membersihkan pori-pori kulit hingga dalam dan menyeluruh. Menyeimbangkan produksi minyak dalam kulit, sekaligus menghalau bakteri yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Body scrub
Garam bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, dengan kandungan mineral yang ada pada garam dapat menghaluskan kulit sekaligus menyimpan hidrasi di dalam kulit.

Menghilangkan ketombe
Bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan serpihan ketombe yang menganggu di rambut dan kulit kepala, tapi garam disebutkan juga bisa merangsang sirkulasi agar kulit kepala menjadi sehat. Garam itu menyerap minyak dan kelembaban berlebih, agar bisa mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat ketombe.

Pembersih mulut alami
Mouthwash di rumah sedang habis dan tidak sempat beli? Kumur-kumur saja dengan air garam, karena garam bisa bekerja sebagai disinfektan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi.

Memperkuat kuku
Garam bisa dipakai untuk melembutkan kutikula dan memperkuat kuku. Ketika dicampur bersama baking soda dan lemon, maka bisa juga untuk mengurangi warna kekuningan dan noda agar kuku terlihat sehat dan lebih cerah.