Rakor Arus Balik 2022, Kapolda Sulsel imbau Warga antisipasi Kemacetan

15
Ilustrasi Kemacetan Arus Balik

BERANDANEWS – Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan bersama Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi selatan menggelar Rapat koordinasi arus balik tahun 2022, Kamis (5/5).

Rakor yang menghadirkan seluruh Bupati/Walikota ini digelar jelang berakhirnya libur dan cuti bersama lebaran tahun 2022 yang berpotensi menimbulkan kemacetan di beberapa daerah.

Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi selatan Irjen Pol Nana Sujana mengungkapkan, ada beberapa ruas jalan yang berpotensi terjadi kemacetan diantaranya, Kabupaten Gowa, Maros, Takalar, Jeneponto dan Kota Makassar.

Olehnya itu, lanjut Irjen Pol Nana, antisipasi perlu dilakukan jika kemacetan ini benar terjadi.

Dalam paparannya, Irjen Pol Nana Sujana mengungkapkan, langkah antisipasi ini diantaranya, penyediaan jalur alternatif, pemberlakuan satu arah, pemberlakuan lawan arah (contra flow) dan Pengaturan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Pada tempat dan waktu yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan A.Sudirman Sulaiman dalam sambutannya berharap, peran serta Kepala Desa, Lurah dan Lembang dalam mengedukasi masyarakat terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan.

Sudirman pun mengungkapkan agar Kepala Desa, Lurah dan Lembang tidak berhenti memberikan penjelasan kepada masyarakatnya terkait pentingnya vaksinasi sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi pandemi.

“Kita semua bahagia, tempat wisata sudah mulai ramai, ini sebagai tanda perekonomian sudah mulai pulih, namun masih banyak yang abai dalam pelaksanaan prokes” ujar Sudirman.(*)