Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian, Kapolres Luwu Ingatkan Netralitas Personil Pada Pemilu 2024

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si.

BERANDANEWS – Luwu, Polres Luwu menggelar upacara korp raport atau kenaikan pangkat pengabdian kepada salah satu personilnya yang sebelumnya berpangkat Aipda menjadi Ipda, bertempat di halaman Mapolres Luwu, Senin (2/10).

Kenaikan pangkat pengabdian tersebut kepada Ipda Abdul Hakim, S.H., berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Kep/781/VI/2023, tanggal 20 Juli 2023 tentang Kenaikan Pangkat Dari Aiptu Ke IPDA Terhitung Mulai Tanggal 1 Oktober 2023.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. dalam amanatnya mengatakan bahwa pangkat pengabdian merupakan penghargaan yang diberikan negara kepada bhayangkara Polri sebagai bentuk apresiasi terhadap personil Polri yang telah mengabdikan dirinya kepada institusi secara sungguh-sungguh dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Tidak semua personil Polri berkesempatan untuk mendapatkan pangkat penghargaan, karena selain masa waktu pengabdian yang tanpa cacat, yang bersangkutan setidaknya memiliki satya lencana Bintang Bhayangkara Nararya serta didukung dengan kinerja yang baik sesuai dengan penilaian Sistem Manajemen Kepolisian (SMK) dengan nilai diatas standar, berperilaku baik, disiplin dan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum baik pelanggaran disiplin, kode etik Kepolisian maupun tindak pidana”, ujarnya.

Kapolres Luwu sebelum mengakhiri sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait tugas kedepannya bahwa di bulan Oktober sudah memasuki berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, seperti pendaftaran pasangan Capres – Cawapres yang semula pada tanggal 19 oktober hingga 25 November 2023, dimajukan menjadi tanggal 10 Oktober hingga 16 oktober 2023 sesuai Draf PKPU tentang pencalonan peserta pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Oleh karenanya, saya meminta kepada seluruh keluarga besar personil Polres Luwu untuk mempersiapkan diri dalam rangka mengamankan perhelatan pemilu serentak 2024 agar berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Saya menghimbau dan memerintahkan agar tidak menjadi bagian dari pemicu kemungkinan timbulnya konflik pemilu dengan tetap menjaga netralitas dan berhati – hati dalam mengelola media sosial. Jangan ada yang like, comment maupun share segala hal yang berbau politik maupun pencalonan legislatif dan juga Capres- Cawapres,” terang AKBP Arisandi.

Upacara korp raport kenaikan pangkat pengabdian tersebut juga diikuti oleh para Kabag, para Kasat, para Kapolsek jajaran Polres Luwu, segenap personil dan Pengurus Bhayangkari Cabang Luwu.(*)