Pesona Wisata Kars Rammang-rammang Maros

87

Letaknya di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 km di sebelah utara Kota Makassar. Kawasan ini adalah sebuah tempat di gugusan pegunungan karst (kapur) Maros-Pangkep. Destinasi wisata ini terdiri dari gugusan pegunungan Kars yang terbentang seluas 45.000 hektare yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Maros-Pangkep). Anda akan dapat merasakan pengalaman seru dengan berkunjung wisata karst terbesar yang mampu menjuguhkan suasana layaknya sedang berada di jaman Megalithikum yang jauh dari peradaban.

Keunikan Rammang-rammang dibanding tempat wisata lainnya karena pesona gugusan karstnya. Wisatanya sendiri adalah ketika Anda menjejakkan kaki pertama kali di sana. Cara menikmatinya ada dua pilihan, wisata susur sungai dengan perahu ataupun berjalan kaki.

Wisata perahu dengan menyusuri sungai yang tenang, tanpa ada riak dan ombak. Di sepanjang sungai Anda akan disuguhi jajaran karst di kiri kanan sungai serta pohon hijaunya bakau. Anda pun dapat sewaktu-waktu minta kepada tukang perahu agar berhenti sejenak untuk mengambil gambar, ataupun menepi di perkampungan tepi sungai. Tak perlu persiapan perlengkapan khusus dalam proses susur sungai. Selain karena keamanannya, juga karena ditunjang ketrampilan tukang perahu dalam mengendalikan biduknya. Kedalaman sungai maksimal berkisar 2 meter, dengan lebar sungai sekitar 5 meter.

Perahu harus melewati menara karst yang menjulang tinggi dengan menyisakan celah hanya sekitar 1,5 meter. Anda akan menikmati pemandangan luar biasa ketika berhadapan dengan gugusan bebatuan yang berada dikawasan ini. Penasaran ingin berkunjung ke Rammang-rammang?