Penyedap Rasa tanpa MSG

228

Empat penyedap rasa alami yang baik digunakan untuk menghindari msg

1. Bawang putih
Bawang putih dikenal memiliki banyak kandungan zat dan mineral yang baik untuk tubuh. Orang tua zaman dahulu juga sering menggunakan bawang putih untuk pengobatan alami. Aromanya yang tajam, dapat membuat makanan lebih enak. Jika biasanya menggunakan penyedap rasa, maka cukup dengan menggunakan bawang putih yang di geprek, dihaluskan atau dicincang halus, maka bahan makanan akan terasa lebih enak. Misalnya digunakan pada tepung untuk mencelup aneka gorengan, seperti tempe, tahu, ikan dan lain lain.

2. Terasi
Mungkin sebagian orang akan menolak jika bahan makanannya dicampurkan dengan terasi yang aromanya memang cukup menyengat. Tapi jika telah di campurkan pada bahan makanan, dijamin rasa makanan akan bertambah gurih dan nikmat. Bandingkan tumisan sayur cah kangkung tanpa tambahan terasi atau sambal tumis dan sambal mentah yang tanpa terasi. Rasanya seperti kurang sreg. Terasi cocoknya di campurkan pada jenis bahan makanan yang diolah dengan cara di tumis.

3. Ebi
Ebi adalah udang berukuran kecil yang di keringkan. Jika ingin sebagai penambah rasa, ebi dapat dimasukkan ke dalam bahan makanan yang akan diolah atau disangrai terlebih dahulu. Aromanya sangat kuat dan mengundang selera makan.

4. Kaldu
Air rebusan atau sisa kukusan ayam dan bahan seafood seperti ikan, udang, kepiting jangan dibuang karena air rebusan tersebut telah mengandung minyak dan aroma dari bahan yang telah direbus. Tinggal ditambahkan aneka sayuran maka jadilah sup, atau di tambahkan untuk mengentalkan atau melarutkan tumisan. Jadi tidak perlu menambahkan msg lagi.

Sebenarnya bahan tambahan serupa msg kegunaannya adalah semakin mempertajam dan menguatkan rasa dan aroma makanan yang kita masak. Jika telah terbiasa menggunakan msg, seringkali ibu-ibu di rumah merasa belum sreg atau tidak puas dengan rasa makanannya. Padahal bahan makanan yang telah diolah telah menggunakan aneka bumbu rempah alami yang telah larut dalam bahan makanan.

Jika menambahkan msg lagi maka rempah-rempah yang telah dimasukkan sebelumnya akan berkurang aromanya, ditambah lagi makanan telah di tambahkan bahan serupa obat/kimiawi tanpa kita sadari.

Belum terlambat untuk menghilangkan kebiasaan penggunaan msg, asal kita punya komitmen untuk menyajikan makanan terbaik dan sehat untuk keluarga. Rasa enak di lidah belum tentu setara setelah makanan tersebut masuk ke dalam lambung dan aliran darah kita. Jadi, selamat mencoba memasak tanpa msg.