Pemkab Takalar peringati Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Daeng Romo dan H. Padjonga Daeng Ngalle

56
Wabup Takalar lakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dan makam H. Padjonga Daeng Ngalle

BERANDANEWS- Takalar, Memperingati Hari gugurnya pahlawan nasional Ranggong Daeng Romo dan Wafatnya pahlawan nasional H. Padjonga Daeng Ngalle digelar upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin (28/02).

Upacara yang diikuti oleh Wakil Bupati Takalar H. Achmad Se’re, S.Sos, Sekda Takalar H. Muh. Hasbi, S.Stp,M.Ap, serta seluruh ASN lingkup pemerintah kabupaten Takalar turut menghadirkan masing-masing pihak keluarga.

Kapolres Takalar Akbp Gotham Hidayat bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Bupati Takalar dalam upacara peringatan dua pahlawan nasional asal kabupaten Takalar tersebut.

“Hari ini kita mengenang kembali dua putra terbaik Indonesia yang telah mencatatkan namanya sebagai patriot pejuang bangsa. Dua tokoh ini nasionalis sejati. Ini menunjukkan bahwa sejak dahulu kabupaten Takalar cinta NKRI. Kedua tokoh ini menunjukkan bahwa kabupaten Takalar bukan penghianat, bukan pecundang, yang telah mewakafkan seluruh pikiran, jiwa, dan raga untuk kemerdekaan Indonesia,” kata Kapolres Takalar Akbp Gotham Hidayat.

Tanggung jawab kita sekarang adalah meneruskan semangat dan jiwa nasionalisme kita. Seperti semangat Ranggong Daeng Romo yang konsisten, memiliki perasaan senasib dan sepenanggungan yang dibutuhkan dalam perang. Perjuangan ini tidak sia-sia.

Demikian juga H. Padhonga Dg Ngalle yang merupakan pejuang yang cerdas, dan pemberani. Misalnya ketika Ia mengungkap wilayah Polongbangkeng secara de facto NKRI.

“Bapak Ibu, ini fakta sejarah yang tidak bisa dipungkiri bahwa kabupaten Takalar pernah maju melebihi daerah lainnya. Inilah yang harus di refleksikan sebagai Takalar maju. Saya berharap momentum ini menjadi pelecut semangat untuk terus bekerja keras, bekerja tuntas, dan bekerja cerdas,” pungkasnya.

Peringatan Hari gugurnya pahlawan nasional Ranggong Daeng Romo dan Wafatnya pahlawan nasional H. Padjonga Daeng Ngalle disertai dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dan makam H. Padjonga Daeng Ngalle.(*)