Pemerintah Sulsel Target 350 Orang Gangguan Jiwa Divaksin Covid-19

18
Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) DI RS Dadi Makassar jalani vaksinasi Covid-19, Jumat (11/6/2021)

BERANDANEWS – Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan 350 orang dengan ganggung jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Makassar divaksin Covid-19.

Direktur Utama RSKD Sulsel, dr Arman Bausat mengatakan target tersebut rampung selama tujuh hari. Dalam sehari, yang menjalani vaksinasi sebanyak 50 orang.

“Ini vaksinasi pertama kali di Sulsel bagi ODGJ,” kata Arman saat mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Jumat (11/6).

Dia menjelaskan bahwa vaksinasi Covid dilakukan setelah ada perintah dari Pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Karena itu, seluruh ODGJ yang dirawat di RS Dadi harus disuntik vaksin.

“Kita punya tenaga medis yang sejak awal bertugas sebagai vaksinator, jadi kita berharap bisa capai target,” ucap Arman.

Sementara, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap daerah bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terkhusus ODGJ.

“Kita target vaksinasi sangat besar ,” tutur dia.

Kendati demikian, Muhadjir mengaku proses vaksinasi di Indonesia sempat mengalami kendala akibat kelangkaan vaksin di pasar Internasional. Karena seluruh dunia berebut vaksin Covid-19. Apalagi beberapa negara produsen seperti Amerika Serikat tidak mengekspor vaksin ke negara lain.

“Harusnya kita bersyukur karena Pak Presiden cepat mengambil keputusan mendatangkan vaksin sinovac,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelum vaksin asal China diakui oleh World Health Organization (WHO), Indonesia terlebih dahulu mendatangkan secara besar-besaran. Akhirnya, Indonesia yang bukan produsen vaksin mampu melaksanakan vaksinasi tertinggi.(dh)