Olahraga yang Efektif untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Mendengar kata kolesterol tentunya kita berpikir untuk senantiasa menghindarinya. Namun tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel, tetapi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Dengan berolahraga teratur bersama dengan diet sehat dan pengobatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health, aktivitas seperti jalan cepat meningkatkan jumlah HDL. Selain itu, latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung, ternyata meningkatkan aktivitas anti-inflamasi HDL sejauh ini. Dilansir dari Times Now News, ada beberapa olahraga yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol.

1. Jogging
Denga rutinintas sehari hari, perlu untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh, bisa dengan berjalan-jalanlah di sekitar blok setiap hari. Pilih tangga untuk naik lift. Memulai dengan perlahan dan meningkatkan durasi latihan secara bertahap akan membantu mempermudah latihan. Jika Anda suka lari atau jogging atau lari maraton, lakukan itu. Penelitian telah menemukan bahwa lari terus menerus dan jarak jauh meningkatkan tingkat HDL. Semakin lama Anda pergi, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan. Jika Anda merasa tidak bisa berlari, jalan cepat juga akan berhasil. Faktanya, ditemukan bahwa berjalan atau berlari, apa pun yang dipilih selama Anda menghabiskan energi, keduanya sama-sama efektif. Jadi, jangan biarkan tubuh atau usia Anda menghalangi Anda.

2. Bersepeda sepanjang waktu
Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membawa sepeda di atas kendaraan roda dua atau roda empat Anda. Manfaat bersepeda diyakini dapat mengurangi hipertensi, kolesterol dan lainnya dibandingkan dengan moda perjalanan pasif lainnya seperti bus, mobil, angkutan umum.

3. Berenang dan bersantai
Aktivitas berenang bermangfaat untuk fungsi hati dan paru-paru Anda. Dengan berenang Anda akan bekerja lebih baik daripada yang lain dalam hal tekanan darah, kolesterol dan tingkat keluaran energi.(*)