Manfaat minuman Cokelat dapat Tingkatkan Fungsi Otak

5

Saat cuaca dingin, biasanya sebagian orang menghangatkan tubuh dengan minuman hangat untuk menetralkan tubuh dari suhu dingin. Ada banyak ramuan minuman yang bisa membuat tubuh menjadi berstamina dan meningkatkan fungsi otak. Namun tahukah Anda salah satu manfaat minuman cokelat bisa meningkatkan fungsi otak?.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum cokelat bisa meningkatkan fungsi otak karena kaya akan kandungan flavanol yang membuat otak bisa menyelesaikan tugas kompleks dengan lebih cepat dan akurat.

Studi dari Tim dari sekolah olahraga, ilmu olahraga, dan rehabilitasi University of Birmingham, Inggris, memindai otak para peserta studi yang minum cokelat. Mereka fokus pada korteks frontal, bagian otak yang berfungsi mengontrol pengambilan keputusan. Studi yang terbit di Scientific Reports ini melibatkan 18 pria sehat berusia 18 hingga 40 tahun. Pemindaian otak peserta menunjukkan tingkat oksigen yang lebih tinggi, yang dikaitkan dengan mengonsumsi minuman cokelat yang kaya flavanol.

Flavanol memiliki sifat antioksidan dan baik untuk sirkulasi darah. Penulis utama studi, Catarina Rendeiro, menjelaskan, ketika menghadapi tugas yang lebih menantang, otak manusia membutuhkan peningkatan kadar oksigen darah untuk mengelolanya.

Selain cokelat atau kakao, flavanol juga terkandung dalam sejumlah buah, sayuran, dan teh. Dengan lebih memahami manfaat kognitif dari mengonsumsi kelompok makanan tersebut, diharapkan bisa menjadi panduan diet. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa minuman kakao yang sengaja diperkaya tidak bermanfaat meningkatkan oksigen dalam otak. Kandungan flavanol alami dalam bubuk kakao dapat berkurang akibat proses penggelapan warna dan atau penurunan rasa pahitnya.(*)