Kenali Penyebab Sakit Kepala saat Bangun dari Tidur

Ada banyak penyebab sakit kepala yang mengintai mulai dari migrain hingga tanda-tanda gangguan kejiwaan, yang paling umum adalah sakit migrain.

Namun adapula salah satu sakit langka, yang disebut sakit kepala hipnik atau hypnic headache syndrome. Pengidapnya cenderung mengalaminya jam 1-3 pagi dan berlangsung selama 30-60 menit. Sesudah itu, sakit kepala akan hilang dengan sendirinya dan seseorang akan kembali tertidur pulas.

Nah jika sakit kepala itu muncul lagi saat bangun tidur, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya seperti dikutip dari Medical News Today:

1. Sleep apnea
Pengidap sleep apnea seringkali mengalami sakit kepala di pagi hari. Sleep apnea membuat pernapasan seseorang bisa terhenti sesaat ketika mereka tidur. Biasanya, pengidapnya sering mendengkur keras, terbangun secara tiba-tiba, membuat suara mendengus saat tidur, dan mengalami kantuk di siang hari.

2. Jam tidur yang tidak ideal
Menurut American Migraine Foundation, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Depresi, banyak pikiran, dan migrain juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami susah tidur. Dalam durasi tidur yang ideal, para ahli merekomendasikan agar orang dewasa bisa tidur selama 7-9 jam setiap malam.

3. Depresi atau mengalami kecemasan
Insomnia adalah gejala umum dari depresi dan kecemasan. Keduanya meningkatkan risiko mengalami sakit kepala di pagi hari. Pada 2004, para ilmuwan melakukan survei kepada hampir 19.000 orang untuk mempelajari tentang penyebab sakit kepala di pagi hari. Mereka menemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara sakit kepala di pagi hari dengan gangguan kecemasan dan depresi.

4. Konsumsi alkohol dan obat-obatan
Studi tahun 2004 juga mengidentifikasi hubungan antara sakit kepala dengan penggunaan alkohol dan obat-obatan.

Orang yang mengkonsumsi lebih dari 6 porsi alkohol per hari akan sering mengalami sakit kepala di pagi hari. Tak hanya itu, orang yang memakai obat tertentu untuk mengatasi depresi, kecemasan, atau insomnia, diteliti dapat meningkatkan sakit kepala di pagi hari sebesar 7,6 persen hingga 17,5 persen lebih tinggi.

5. Migrain
Migrain adalah penyebab umum sakit kepala di pagi hari. Jika seseorang terbangun dengan gejala sakit kepala, mual atau ingin muntah, kemungkinan disebabkan karena migrain.

Menurut American Migraine Foundation, pengidap migrain mengalami dua hingga delapan kali kesulitan tidur dibandingkan dengan orang yang tidak mengidap sakit ini. Akibatnya, kesulitan tidur yang disebabkan karena migrain.