Kategori Orang yang Dianjurkan untuk Rutin Minum Obat Cacing Enam Bulan Sekali

44
Ilustrasi Obat Cacing

Cacingan pada seseorang biasanya disebabkan oleh adanya parasit cacing yang hidup di dalam usus besar dan usus halus seseorang. Cacing ini kemudian akan bertahan hidup dengan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dan mengisap darah yang ada pada dinding usus.

Sebagai langkah pencegahan agar tidak mengalami infeksi cacingan, dianjurkan untuk minum obat cacing setiap enam bulan sekali. Setelah gejala cacingan muncul merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat cacing. Gejala yang timbul biasanya akan tergantung dari jenis cacing yang menginfeksi seseorang. Jika seseorang mengidap cacing kremi, gejala yang timbul biasanya gatal pada anus, terutama pada malam hari.

Jika gejala gatal pada anus di malam hari sudah muncul, Anda bisa segera mengonsumsi obat cacing guna menghambat pertumbuhan cacing kremi agar tidak semakin berkembang bertambah banyak. Anda juga bisa langsung mengonsumsi obat cacing jika ditemukan cacing pada feses. Apalagi jika sebelum ditemukan cacing dalam feses sudah ditemukan gejala adanya penurunan nafsu makan yang drastis dan sakit perut.

Jika gejala yang timbul tidak segera diobati, infeksi caci bisa saja menyebabkan komplikasi yang berbahaya, seperti penyumbatan pada usus dan masalah penyerapan nutrisi pada tubuh. Berikut beberapa kategori orang yang dianjurkan untuk rutin minum obat cacing enam bulan sekali:

– Orang yang bertempat tinggal di tempat endemik cacing, yaitu lingkungan kumuh dengan sanitasi yang tidak memadai.

– Orang yang bekerja di tempat-tempat yang menjadi tempat tinggal cacing, seperti penggali tanah, peternak, petani, dan buruh bangunan.

– Orang yang sering mengonsumsi makanan mentah atau makanan setengah matang.