Jusuf Kalla: Ketua IKA Unhas Terpilih Harus Bisa Berpikiran Jauh ke Depan

50
Jusuf Kalla saat memberikan keterangan usai pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Alumni (IKA) Unhas 2022 di Hotel Four Point by Sheraton Makassar

BERANDANEWS – Makassar, Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) berharap Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unhas terpilih bisa membawa nama almamater Unhas menjadi lebih maju. Tak hanya itu, Ketua IKA terpilih juga diharap mampu bersinergi dengan sesama alumni Unhas untuk maju bersama termasuk membangun daerah dan bangsa.

Hal tersebut disampaikan JK saat memberikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Alumni (IKA) Unhas 2022 di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Jumat, (4/3).

“Ketua terpilih harus mampu berkolaborasi dengan semua alumni untuk memajukan karier serta bersama-sama berpikir untuk kemajuan ke depan,” harap JK yang juga mantan ketua IKA Unhas hinggga lebih 25 tahun tersebut.

Ia menambahkan, alumni Unhas harus memiliki pandangan yang jauh ke depan. Sehingga diharapkan Alumni tidak semestinya terbuai dengan kebanggaan masa lalu.

“Ke depan sudah sangat tergantung dengan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Siapa yang yang menguasai Iptek pasti akan menguasai masa depan,” ujarnya lagi.

“Kita jangan lagi bangga dengan masa dulu sementara orang-orang disekitar kita sudah menggunakan satelit,” imbuh JK.

Sebagai sesama alumni, lanjut JK, maka ketua terpilih harus bisa membangkitkan semangat untuk maju bersama-sama. Tentu saja dengan peran masing-masing sesuai kemampuan yang dimiliki setiap alumni tersebut.

Salah satu yang dicontohkan oleh JK adalah berkolaborasi untuk membangun entrepreneurship dikalangan alumni Unhas. Pasalnya, JK prihatin dengan kondisi masih kurangnya jumlah pengusaha daerah dibanding tahun 1950 hingga 1960an.

“Saat itu pengusaha-pengusaha daerah kita sangat kita. Saat ini sudah sangat menurun,” tambah JK.

Dengan demikian, Ketua IKA terpilih harus betul-betul bisa berkolaborasi dengan seluruh alumni dalam membangun daerah dan bangsa yang lebih maju.(*)