Intensitas Hujan tinggi, Sejumlah Pemukiman Warga mulai Terendam

37

BERANDANEWS – Makassar, Hujan deras yang melanda Kota Makassar menyebabkan beberapa titik permukiman warga mulai terendam banjir.

Di Kecamatan Tamalanrea yang menjadi langganan banjir tiap tahunnya bahkan sudah mencapai 90 centimeter. Intensitas hujan membuat air semakin cepat naik ke permukiman warga di Kelurahan Bira. Hingga sore hari kemarin (05/12), sekitar pukul 16.00 Wita, ketinggian air di beberapa titik di Kecamatan Tamalanrea sudah mencapai mata kaki hingga pinggang orang dewasa.

Camat Tamalanrea, Muhammad Rezha mengatakan di wilayahnya memang ada beberapa titik yang menjadi daerah langganan banjir. Setiap tahun ketika intensitas hujan mulai meningkat, titik-titik tersebut kerap terendam air.

Dia menyebut salah satu daerah yang cukup mengkhawatirkan saat ini ada di Kelurahan Bira. Sebab postur tanah di kelurahan tersebut berbentuk cekung dan rendah. Hal inilah yang membuat ketinggian airnya bisa mencapai pinggang orang dewasa. Hal yang sama juga terjadi di BTP Blok H dan sekitarnya.

Adri salah seorang warga BTP menyebut, ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa bahkan masih akan naik.

” Iya tinggi sekalimi banjir disini, kalau hujan terus bisa tenggelam semua disini”, jelasnya

Sebelumnya Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayh IV Makassar, Darmawan mengatakan dalam beberapa hari ke depan cuaca di Sulawesi Selatan cukup ekstrem. Hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi berpotensi terjadi.

Kondisi ini diprediksi akan terjadi mulai 5-7 Desember. Hujan dengan intensitas sedang hingga Iebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian Barat meliputi Pinrang, Parepare. Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Makassar, dan Takalar. Kemudian di wilayah Sulawesi Selatan bagian Tengah meliputi Soppeng dan Sidenreng Rappang. Wilayah Sulawesi Selatan bagian Utara meliputi Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara dan Tana Toraja.

BMKG Wilayah IV Makassar juga telah mengeluarkan peringatan dini terhadap 16 kabupaten/kota yang akan terdampak cuaca buruk. Yakni Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Palopo, Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang, Sidrap, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkep dan Kepulauan, Maros, Gowa, Makassar, dan Takalar.(*)