Inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Mini Pustaka Mart (MPM) Masuk 6 Besar IMA 2022

16
Mini Pustaka Mart (MPM) Masuk 6 Besar Innovative Government Award (IMA) 2022

BERANDANEWS – Makassar, Dinas Perpustakaan Kota Makassar berhasil membawa Ga’de-Ga’de Pustaka atau Mini Pustaka Mart (MPM) masuk 6 besar finalis Innovative Government Award (IMA) 2022.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo mengatakan MPM ini berdampak pada peningkatan literasi dan ekonomi masyarakat, yang tidak hanya menghadirkan ruang baca bagi masyarakat, khususnya anak-anak, namun juga hadir untuk pengembangan ekonomi.

“Kami terus mendorong kegiatan berliterasi di tengah-tengah masyarakat dengan menawarkan konsep pengelolaan perpustakaan secara mandiri. Inovasi Ga’de-Ga’de Pustaka atau Mini Pustaka Mart menggabungkan unsur UMKM di dalamnya” jelasnya.

Ada satu MPM yang ditempatkan di lorong wisata Assamaturu-Indianapolis, Jalan Baji Ati 1 Kelurahan Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang, Makassar. Diharapkan MPM akan dikembangkan dan mengisi lorong-lorong di Kota Makassar. Menurutnya hal ini berdampak pada peningkatan literasi dan ekonomi masyarakat dan perpustakaan akan terus tumbuh secara mandiri karena bisa membiayai dirinya sendiri. Baca juga: Perpusnas Dorong Transformasi Perpustakaan Menuju Ekosistem Digital Nasional

“Inovasi ini mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan sekarang menjadi sebuah kebanggaan karena bisa menembus enam besar IMA 2022,” katanya.

Ga’de-Ga’de Pustaka merupakan inovasi ketujuh oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar, sebelumnya ada Dongkel with Mobile Library, Kartu Perpustakaan Bisa PeDe, Sentuh Pustaka, Layanan KUSUKA, Magang Mandiri/Mariki. Semuanya telah mendapatkan penghargaan di tingkat kota, provinsi dan nasional.

Ga’de Ga’de Pustaka ini dikelola langsung oleh masyarakat melalui Surat Keputusan Lurah dan dikoordinir oleh Pengurus Ibu Relawan Baca sebagai bagian tim literasi dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.(*)