Ini yang Terjadi jika Terlalu Lama Duduk

67

Waspada jika terlalu banyak duduk itu dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Khususnya jika Anda duduk terlalu lama selama delapan jam bahkan lebih setiap harinya. Baik duduk sepanjang hari di kantor karena bekerja atau menonton televisi, bisa menimbulkan banyak masalah.

Sofa keras atau lembut sekali pun bukan solusi agar Anda bisa duduk berlama-lama. Selain sakit punggung, duduk berlama-lama bisa memicu penyakit berbahaya lainnya.

Dilansir dari brightside.com masalah yang muncul akibat duduk terlalu lama bisa terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Perempuan yang sehari-harinya lebih banyak duduk saat melakukan kegiatan, ternyata mempunyai risiko tiga kali lebih besar untuk terkena emboli paru.

Temuan ini berasal dari hasil riset terbaru yang dimuat di situs bms.com (British Medical Journal). Selama 18 tahun, Dr Chritopher Karbrhel dan rekan-rekan penelitinya telah mengumpulkan informasi terperinci mengenai kebiasaan dan gaya hidup sebanyak 69.950 perawat wanita, melalui kuisioner yang diisi setiap dua tahun. Hasilnya, mereka yang lebih sering duduk ketimbang bergerak atau berjalan, arteri paru-parunya berisiko tinggi mengalami penyumbatan.

Aliran darah tertahan, mulai dari vena di kaki dan kemudian menjalar hingga paru-paru. Kelompok itu umumnya duduk selama lebih dari 41 jam seminggu, di luar aktivitas kerja.Kabrhel menyatakan, kurangnya aktivitas fisik adalah penyebab utama emboli paru. Faktor lain yang turut memengaruhi, ia menambahkan, yaitu usia, indeks massa tubuh, dan kebiasaan merokok.

Mulai dari sekarang mari kita perbanyak aktivitas gerak agar terhindar dari emboli paru.