Cuaca Buruk, BMKG peringatkan Warga waspadai Banjir di Pesisir

59
BMKG imbau Warga Waspada Banjir di Pesisir

BERANDANEWS – Makassar, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar mengungkapkan akan terjadi prospek hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah IV Makassar Siswanto,S.Si, M.Si mengungkapkan, hal ini disebabkan oleh peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat menimbulkan penambahan massa udara basah di laut sulawesi.

“Ditambah lagi dengan anomali suhu muka laut, sehingga dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi” ungkap Siswanto.

Siswanto melanjutkan, kondisi ini diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 5 hingga 7 Desember, dirinya meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, BBMKG Wilayah IV Makassar juga mengeluarkan surat peringatan dini banjir pesisir yang kemungkinan akan terjadi pada tanggal yang sama.

Dalam himbauan ini, 3 Kabupaten diperkirakan akan mengalami banjir pesisir ( ROB) yaitu, pesisir Kabupaten Barru, Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang sendiri.

Olehnya itu, Pihak BBMKG Wilayah IV kembali meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bagi masyarakat yang beraktifitas dan menggunakan moda transportasi laut karena perkiraan tinggi gelombang 2,5 – 4 Meter.

Selain itu, hujan dengan intensitas tinggi juga wajib diwaspadai terutama pada daerah – daerah rawan bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang.(*)