Cara mengatasi Jerawat Akibat sering menggunakan Masker

Dimasa pandemi Covid-19 Penggunaan masker setiap hari sesuai dengan protokol kesehatan wajib dilakukan. Namun menggunakan masker kerap menimbulkan jerawat. Bahkan saat ini masker sama pentingnya dengan pakaian yang dikenakan.

Manfaat penggunaan masker diyakini dapat memberikan perlindungan bagi Anda dan banyak orang di sekitar. Namun, di sisi lain, masker membawa persoalan baru seperti jerawat. Jerawat yang timbul pada area wajah yang tertutupi masker. Namun Ada banyak cara yang membuat penggunaan masker dapat mengakibatkan jerawat, mulai dari gesekan masker yang menyebabkan iritasi hingga bakteri yang berpindah dari masker ke kulit Anda.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi jerawat yang timbul akibat penggunaan masker.

Gunakan masker yang tepat
Faktor bahan pada masker sangat penting, seperti masker kain. Gunakan kain yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Pastikan masker tidak terlalu sempit untuk menutupi hidung dan mulut, selain itu pilih bahan yang nyaman, lembut di kulit, dan tidak membuat iritasi. Selalu siapkan masker cadangan sehingga saat satu masker kotor, ada masker lain yang bersih dan siap dipakai.

Kebersihan Masker
Menjaga masker tetap bersih. Cuci masker segera setelah dipakai. Gunakan sabun pencuci yang lembut tanpa kandungan-kandungan yang berbahaya.

Menggunakan masker saat diperlukan
Masker wajib dipakai saat keluar rumah, berbelanja, naik transportasi umum, juga saat berada di area-area rawan. Selain itu, Anda bisa melepas masker untuk memastikan kulit bisa bernapas dan menghindari area tersebut tidak terlalu berkeringat. Letakkan masker pada tempat yang bersih dan aman dari bakteri.

Gunakan Skincare dengan kandungan antioksidan
Tambahkan produk perawatan wajah (skincare) dengan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan akan membantu kulit tetap sehat dan melindunginya dari polutan berbahaya juga bakteri di balik masker. Vitamin C juga antioksidan akan bekerja membantu kulit tetap sehat dan cerah serta menetralisir radikal bebas, juga memperbaiki kerusakan sel dari penggunaan masker. Semoga bermanfaat.