Bukan hanya tulisan dan Suara, Google Translate juga akan Terjemahkan Bahasa Isyarat

197

Google dikabarkan akan memperbarui layanan penerjemahnya, Google Translate. Saat ini Google Translate dapat menerjemahkan secara tertulis, dari suara, memotret objek dalam bahasa asing, maupun proses scan.

Lantas bagaimana jika proses penerjemahannya menggunakan metode komunikasi keterampilan dengan menggunakan bahasa isyarat?. Menurut Google, mereka telah berhasil mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mampu menafsirkan tanda atau gestur bahasa isyarat menjadi sebuah ucapan.

Google translate nantinya memungkinkan mereka yang memiliki masalah bicara untuk bisa berkomunikasi lebih mudah dengan mereka yang tidak mengerti bahasa isyarat. Proses penerjemahan ini nantinya akan menggunakan kamera sebagai media untuk mengidentifikasi gestur atau gerakan yang akan menjadi sebuah ucapan.

Google Translate

Dikutip dari Ubergizmo, Google mengatakan pihaknya berencana untuk mengembangkan teknologi ini agar lebih kuat dan stabil, memperbanyak jumlah gestur dan gerakan yang bisa dideteksi dengan baik dan mendukung gerakan dinamis secara real-time.

“Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan untuk ide-ide kreatif yang baru oleh komunitas peneliti dan pengembang,” Google menambahkan.

Teknologi ini memang belum sempurna, di mana masih hanya bisa menangkap sebagian dari percakapan karena hal-hal lain, seperti ekspresi wajah serta kecepatan penandatanganan bisa saja terlewat.(*)