Buka Latihan Pra Operasi Mantap Brata, Kapolres Luwu Harapkan Personil Pegang Teguh Kode Etik Profesi Polri

31
Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si membuka secara langsung Lat Pra Ops Mantap Brata 2023- 2024 dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 Polres Luwu bertempat di Aula Tabakke Tongange Polres Luwu

BERANDANEWS – Luwu, Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si membuka secara langsung Lat Pra Ops Mantap Brata 2023- 2024 dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 Polres Luwu bertempat di Aula Tabakke Tongange Polres Luwu, Selasa (10/10).

Sebagaimana diketahui, tahapan Pemilu 2024 sudah mulai berjalan. Berbagai langkah dan upaya strategis telah dilakukan oleh jajaran Polres Luwu untuk mewujudkan situasi tetap aman dan kondusif.

Sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024, Polres Luwu menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) `Mantap Brata 2023-2024` yang diikuti oleh segenap personel yang terlibat operasi.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Lat Pra Ops ini digelar agar seluruh anggota mempunyai bekal, pemahaman serta persepsi dan cara bertindak yang sama dalam menghadapi situasi maupun kondisi Pemilu nanti.

“Segala sesuatunya harus dipersiapkan dari sekarang. Mulai dari kesiapan personil, kelengkapan peralatan, latihan dan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota), termasuk penanganan situasi darurat dan pengendalian kerumunan massa”, ujarnya.

Kapolres Luwu juga menghimbau dan mengingatkan bahwa sebagai anggota Polri dilarang keras terlibat dalam politik praktis maupun aksi dukung mendukung terhadap calon atau kelompok tertentu. Pihaknya menekankan agar anggota bersikap Netral dan tidak memihak.

“Sebagai anggota Polri, kita punya kode etik pelaksanaan tugas. Oleh karenanya saya berharap kita semua kompak dan satu padu memegang teguh hal tersebut agar kita bisa menjamin terselenggaranya Pemilu yang aman, kondusif, jujur dan adil.” Tegas AKBP Arisandi.

Setelah Kapolres Luwu memberikan arahan, semua Kasatfung Polres Luwu membawakan materi sehubungan dengan tugas-tugas pelaksanaan menghadapi Pemilu 2023-2024, mulai dari Kabag Ops, Kasat Lantas, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasi Propam dan Kasat Samapta. Direncanakan pula untuk mengundang beberapa stake holder terkait untuk menjadi narasumber pada sesi latihan berikutnya seperti KPUD dan Bawaslu.(*)