Berkunjung ke FIK UNM, Menpora RI Optimis UNM lahirkan Atlet Berprestasi

9
Berkunjung ke FIK UNM, Menpora RI Optimis UNM lahirkan Atlet Berprestasi

BERANDANEWS – Makassar, Kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali disambut Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNM, Banta-bantaeng, Makassar, Sabtu (12/03).

Sambil berkeliling , Zainuddin Amali meninjau centra-centra yang telah ditetapkan Kemenpora di daerah, untuk merekrut talenta calon atlet berbakat seluruh Indonesia, dan itu terdapat pada Kampus FIK UNM.

Menurutnya, Universitas Negeri Makassar bisa berperan aktif dalam memajukan olahraga nasional. dikarenakan kampus pencetak para atlet yang mewakili Sulsel dalam sejumlah ajang pertandingan olahraga tersebut memiliki fasilitas olahraga yang memenuhi standar. Sehingga, ini juga bisa digunakan untuk memulai implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Dukungan terhadap Sulawesi Selatan sebagai centra itu jelas ada, jadi sinergi antara pemerintah provinsi dan perguruan tinggi khususnya UNM akan terjalin dengan baik, kemudian di dukung dari Igornas (Ikatan Guru Olahraga),” ujarnya.

Menpora juga menjelaskan prestasi olahraga tidak terlepas dari peran sport science atau ilmu keolahragaan. Bahkan, Menpora Amali menyebut lokasi penerapan yang paling tepat untuk sport science adalah perguruan tinggi Universitas Negeri Makassar.

“Karena yang sudah ada fakultas ilmu keolahragaannya ada di UNM. Jadi kita sangat berharap dan mengandalkan UNM sebagai centra bibit unggul pengembangan para atlet di kawasan timur Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UNM sangat mengapresiasi atas dukungan Menpora terhadap UNM sebagai kampus pencetak calon atlet berprestasi di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan.

“Apapun kata pak Menteri apemuda dan Olahraga kita pasti dukung sepenuhnya, dan ini adalah bentuk dukungan UNM menghadirkan Pak Menteri di fakultas keolahragaan untuk melihat kondisi yang ada untuk bersinergi secara maksimal,” ujar Prof Husain Syam.

Prof Husain Syam juga menyampaikan bahwa pihaknya akan serius dalam mensukseskan Desain Besar Olahraga Nasional. Hal itu ditandai ketika para pimpinan UNM, Dekan dan civitas akademika menyambut Menpora RI kompak memakai seragam bertuliskan “UNM Siap Menyukseskan DBON”.

“Insya Allah dengan dukungan pemerintah pusat, provinsi agar pengembangan bibit-bibit calon atlet berprestasi yang ada di Fakultas Keolahragaanan UNM, kami selalu siap demi membawa nama harum Indonesia dalam cabang olahraga manapun,” ujarnya.(*)