Beberapa Penyebab Kulit Ketiak menjadi Gelap

Ada beberapa faktor yang memicu kulit ketiak gelap. Pertama, faktor hormonal yang biasanya pada wanita hamil cenderung area-area lipatan sering jadi gelap karena peningkatan kadar hormon saat hamil. Namun biasanya bersifat sementara. Jadi, nanti setelah melahirkan, kadar hormon sudah mulai turun, biasanya warnanya cenderung lebih light. Kedua, iritasi. Misalnya pakai minyak kayu putih yang panas dioles ke kulit ketiak menimbulkan iritasi.

Setelah kemerahan mereda, kulit ketiak biasanya cenderung lebih gelap. Dalam istilah medis, kondisi itu disebut hiperpigmentasi pascainflamasi atau gelapnya kulit pascaperadangan.

Adapun faktor pemicu lain kulit ketiak jadi menggelap adalah penggunaan deodoran yang kurang tepat. Seperti memakai deodoran dengan beberapa kadar berlebihan. Seperti terlalu banyak pewangi, pengawet, alkohol, itu bisa menimbulkan iritasi. Setelah iritasi reda, warna kulitnya jadi lebih gelap.

Sementara cara untuk mencerahkan kulit ketiak gelap juga dapat ditempuh dalam beberapa cara. Termasuk penggunaan krim pemutih atau yang mengandung whitening agent, namun harus dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter. Krim pemutih yang aman sudah pasti konsultasi dulu ke dokter untuk pemilihan jenisnya. Kalau langkah yang bisa dilakukan di rumah dengan scrub, seminggu sekali saja karena scrub mengandung butir-butir kasar. Jika (scrub) dipakai terus menerus, justru bisa mengiritasi kulit karena kulit dipaksa untuk terus berganti. (*)