Arti dan Fungsi Kode Barcode pada label Produk

46
Ilustrasi QR Code

Barcode atau kode batang sebagai kode yang menyimpan informasi mengenai suatu produk atau barang-barang yang dilabeli kode tersebut. Produk-produk yang dijual di supermarket atau toko, tujuannya dapat memudahkan kasir dalam menyelesaikan transaksi dengan cara memindai (scan) atau memasukkan nomor yang tertera di bawahnya.

Kode batang pada sebagian besar produk ritel di Amerika Serikat dan Kanada dikenal sebagai UPC-A untuk produk universal yang terdiri dari 12 digit angka.

Digit pertama biasanya menunjukkan kategori suatu produk.
Lima digit berikutnya akan memberi informasi perusahaan mana yang membuat produk itu. Kemudian digit terakhir disebut digit cek yang digunakan komputer memverifikasi semua nomor lain dalam kode telah dipindai atau dimasukkan dengan benar. Jadi setiap digit angka pada barcode sudah tersistem dalam komputer sehingga jika terjadi kesalahan akan muncul peringatan.

Produk kecil yang tidak mampu menampung 12 digit akan dipangkas menjadi 6 digit saja, namun tidak menghilangkan arti dari setiap digitnya. Inilah yang disebut barcode UPC-E.

Kemudian ada lagi barcode EAN-13 yang digunakan di seluruh dunia berisi informasi yang sama dengan kode batang UPC-A, tetapi juga menyertakan nomor yang sesuai dengan negara tempat kode batang itu didaftarkan.

QR Code

QR code adalah teknologi praktis yang semakin banyak digunakan di era serba digital ini dan telah menjadi penting. QR code adalah singkatan dari quick response code.

Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan beragam jenis informasi secara langsung. Untuk membukanya, dibutuhkan scan atau pemindaian dengan smartphone.

QR code biasanya mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial. Hal ini membuat QR code mampu menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak ke buku telepon, dan masih banyak lagi.

QR code dinilai lebih praktis dibanding barcode karena mampu menyimpan lebih banyak data. QR code terdiri dari titik-titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kotak, dan setiap elemennya memiliki makna tersendiri. QR Code sering berisi data untuk pelacak, pengidentifikasi, atau mengarah ke situs web atau aplikasi.